nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Kentut 14 Sampai 23 Kali per Hari? Waspadai Penyakit Serius Mengintai Anda!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 19:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 14 194 1736449 sering-kentut-14-sampai-23-kali-per-hari-waspadai-penyakit-serius-mengintai-anda-lGqdzsX7LX.jpg Periksa Dokter (Foto: Verywell)

RASANYA ingin kentut terus hari ini? Padahal, sarapan dan makan siangnya tidak mengonsumsi makanan yang bisa memicu kondisi tersebut. Seperti kacang-kacangan, jamur, atau minuman bersoda. Terus, ini kenapa?

Jangan panik! Bila Anda sedang mengalami masalah ini, coba dipikirkan lagi, sudah seberapa banyak kentut yang keluar dari tubuh Anda. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, manusia mengeluarkan gas dari tubuhnya sebanyak 14 sampai 23 kali per hari. Jika lebih dari itu, Anda perlu waspada akan penyakit serius di tubuh Anda.

Dilansir dari Very Well, Jumat (14/7/2017) kebanyakan kentut bisa mengindentifikasikan sebuah penyakit serius. Beberapa dari risiko masalah tersebut bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Masalah tersebut antara lain:

1. Sindrom iritasi pada usus

2. Intoleransi laktosa

3. Intoleransi fluktosa

4. Masalah malabsorpsi

5. Penyakit celiac

6. Penyakit perut (seperti keracunan makanan)

7. Pertumbuhan bakteri kecil di usus, sehingga menimbulkan penyumbatan di usus. Masalah dari kondisi ini adalah adhesia perut, hernia perut, kanker usus besar, dan kanker ovarium.

Lalu, untuk mengatasi masalah tersebut, direkomendasikan untuk melakukan beberapa cara. Seperti misalnya tidak lagi merokok, kurangi konsumsi karbohidrat seperti pasta dan jagung, perbanyak minum air putih, dan jangan terlalu cepat makan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini