Image

WALK & WOK: Uniknya Coconut & Banana Coffee, Berpadunya Kopi & Santan dalam Segelas Kenikmatan dari Hanoi Vietnam

Dada Sathilla, Jurnalis · Minggu 16 Juli 2017, 11:05 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 07 14 298 1736362 walk wok uniknya coconut banana coffee berpadunya kopi santan dalam segelas kenikmatan dari hanoi vietnam 2CF0J9Fvtp.jpg Kopi kelapa (Foto:Dada)

VIETNAM terkenal dengan budaya minum kopinya. Ini wajar karena negara ini merupakan negara penghasil kopi nomor 1 di dunia. Bahkan selain mengekspor kopi, di Hanoi, Vietnam juga bisa ditemukan varian minuman kopi yang unik seperti coconut coffee dan banana coffee.

Ada banyak kedai kopi atau cong ca phe bertebaran di Ibukota Vietnam, Hanoi. Minum kopi di kafe, pinggir jalan atau pinggir danau sambil mengobrol dengan teman atau tetangga sudah menjadi budaya di sini. Kopi menjadi minuman yang sangat digemari di Vietnam sejak seorang pendeta asal Prancis memperkenalkan pohon kopi arabika pada abad ke-19. Vietnam kemudian menjadi pengekspor kopi utama di dunia bersama dengan Indonesia.

 

Kegemaran masyarakat Vietnam akan minum kopi menghasilkan jenis minuman kopi yang unik. Misalnya coconut coffee dan banana coffee yang banyak digemari di Hanoi, Ibukota Vietnam. Coconut coffee terbuat dari kopi yang dicampur dengan susu kental manis dan santan. Biasanya disajikan dengan es. Rasanya segar dan tidak terlalu manis. Cocok bagi yang tidak begitu menyukai rasa manis berlebihan.

Keunikan lainnya dari coconut coffee ini adalah cara pembuatannya yang berbeda dengan di negara lain. Kopi dibuat dengan menggunakan alat khusus yang dinamakan vietnam drip.

 

Susu kental manis dan santan dimasukkan ke dalam gelas yg di atasnya lalu ditaruh vietnam drip. Bubuk kopi dimasukkan ke vietnam drip lalu ditambahkan dengan air. Kopi akan menetes dari vietnam drip ke dalam gelas lalu tinggal diaduk dan ditambahkan es, maka jadilah es coconut coffee. Vietnam drip ini dipakai untuk membuat semua jenis kopi di Vietnam.

Selain coconut coffee, varian kopi unik lainnya adalah banana coffee smoothies. Kopi ini dibuat dari campuran buah pisang yang diblender dengan kopi, gula dan es.

 

Salah satu kafe yang terkenal dengan coconut coffeenya adalah Cong Ca Phe. Jaringan kafe terkenal di Vietnam ini menjual coconut coffee dengan harga 50.000 Dong atau sekitar Rp. 25.000. Kafe bertema perang Vietnam ini mudah ditemukan karena mempunyai banyak cabang di Hanoi. Anda bisa menemukannya di dekat Trang Tien plaza, di kawasan gereja St. Joseph maupun di area non turis seperti Dong Da. Sedangkan banana coffee dan smoothies mudah juga ditemukan di kafe - kafe di Hanoi misalnya di Tranquil cafe yang terletak di kawasan Old Quarter.

Sempatkanlah mencicipi coconut dan banana coffee saat mengunjungi Hanoi. Karena siapa tahu minuman ini tak dijual di tempat lain.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini