nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rahasia Kelezatan Rendang Ada di 5 Hal Ini, Proses Perebusan Juga Penting

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 16:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 14 298 1736480 rahasia-kelezatan-rendang-ada-di-5-hal-ini-proses-perebusan-juga-penting-KdZFPLw3dA.jpg Rahasia kelezatan rendang (Foto:Flickr)

PROSES membuat rendang ternyata sangat sederhana. Yang perlu Anda lakukan cukup menyediakan bahan-bahan dasarnya, potong daging sesuai ukuran yang dianjurkan buku resep, haluskan bumbu, peras santan, lalu campurkan semuanya hingga matang. Mudah bukan?

Meski terlihat praktis, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan jika ingin membuat sajian rendang yang lezat dan menggugah selera.

Dikutip dari buku Rendang: Juara Masakan Terlezat Sedunia, karya Budi Sutomo, berikut tips sukses membuat rendang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Bahan berkualitas

Pilih bahan berkualitas baik agar menghasilkan olahan rendang yang lezt dan prima. Untuk jenis dagingnya, Anda bisa memilih bagian tunjang dan lemusir. Jangan menggunakan daging yang terlalu berlemak dan banyak urat karena akan membuat rendah liat dan volume dagingnya menjadi kecil.

Gunakan santan segar

Hindari penggunaan santan kemasan, lebih baik gunakan santan hasil perasan parutan kelapa segar. Santan kemasan tidak dapat menghasilkan dedak rendang yang baik

Bumbu

Sangrai bumbu seperti jintan dan ketumbar agar aroma rendang lebih harum. Untuk bumbu seperti jahe dan kunyit sebaiknya dibakar dahulu agar bumbu rendang tidak beraroma mentah.

Proses perebusan

Jika tekstur daging sudah terlalu lunak namun kuah rendang belum kering, sebaiknya daging segera diangkat sambil menunggu kuah mengering. Hal ini dilakukan agar tekstur daging tidak hancur.

Tempat penyimpanan

Setelah matang, simpanlah rendang di tempat yang sejuk dan kering agar rendang tahan lama. Rendang tanpa pengawet bisa bertahan selama 2 bulan jika disimpan di dalam kulkas dan dikemas dalam wadah tertutup rapat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini