nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KAYA REMPAH: Kenali Kemukus, Tak Hanya Melezatkan Masakan tapi Juga Menyehatkan

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 16 Juli 2017 07:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 14 298 1736523 kaya-rempah-kenali-kemukus-tak-hanya-melezatkan-masakan-tapi-juga-menyehatkan-XwRN0flllT.jpg Kemukus rempah indonesia (Foto:Biodiversitywarriors)

MUNGKIN masih banyak yang asing mendengar nama kemukus padahal rempah ini asli berasal dari Indonesia. Apa itu kemukus dan bisa digunakan untuk apa saja?

Kemukus memiliki nama latih piper cubeba L. dan banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Masyarakat Sumatera dan Jawa adalah yang paling banyak menambahkan kemukus sebagai salah satu bumbu perasa masakan khas.

Kemukus memiliki bentuk bulat kecil berwarna hitam, sekilas persis lada hitam namun dengan tangkai kecil di setiap bijinya. Teksturnya keras dan kering namun terkesan berminyak. Sebagai bumbu masakan, kemukus biasa dihaluskan bersama bumbu lainnya.

Kemukus memiliki rasa khas yakni pedas khas rempah dengan aroma yang cukup kuat. Berbagai kari kerap diolah dengan tambahan kemukus sebagai penguat rasa, namun biji ini jarang digunakan karena sulit didapat.

Selain sebagai bumbu masakan, kemukus juga ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Penyakit yang ampuh diusir menggunakan kemukus antara lain mual, masuk angin, masalah pencernaan, cegukan dan lain sebagainya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini