nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KAYA REMPAH: Kayu-Kayu yang Membuat Masakan Indonesia Menggugah Selera karena Aromanya

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017 08:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 14 298 1736609 kaya-rempah-kayu-kayu-yang-membuat-masakan-indonesia-menggugah-selera-karena-aromanya-cZVCLnnZH3.jpg Kayu manis (Foto:Authoritynutrition)

REMPAH Indonesia dikenal dengan ragamnya yang sangat banyak, asal rempah ini juga beragam mulai dari biji, buah, kulit hingga batang. Kenali 3 rempah Indonesia beraroma khusus yang berasa dari batang kayu.

Disitat dari berbagai sumber, Indonesia punya 3 jenis rempah kayu yang cukup populer. Rempah ini biasa dipakai saat mengolah masakan atau sebagai campuran minuman. Rasa dan aroma yang khas membuat sensasi sendiri pada hidangan asal Nusantara.

Kayu manis

Rempah yang satu ini sudah tidak bisa diragukan lagi popularitasnya. Bahkan kayu manis juga salah satu incaran bangsa Eropa saat menjajah Indonesia. Kayu manis yang memiliki nama latin Cinnamomum verum ini banyak ditemukan di beberapa tempat di Indonesia. Kayu manis memiliki aroma dan rasa khusus, bukan hanya sebagai campuran bumbu masakan, kayu manis juga acap kali ditambahkan sebagai campuran minuman atau kue. Kayu manis bisa ditambahkan secara utuh ataupun diolah menjadi bentuk bubuk.

Kayu secang

Kayu secang identik sebagai campuran dalam minuman tradisional seperti wedang uwuh khas Yogyakarta ataupun bir pletok khas Betawi. Namun di berbagai daerah kayu secang juga cukup populer, terbukti dengan banyaknya sebutan untuk kayu secang. Misalnya di Aceh dikenal dengan sebutan seupeung, masyarakat Minangkabau menyebutnya lacang, sementara di Jawa dan Sunda dikenal sebagai secang. Kayu secang memiliki rasa dan aroma khusus yang membuat masakan atau minuman semakin beraroma. Kayu secang juga mengandung zat alami yang menghasilkan warna merah.

 

Kayu mesoyi

Rempah yang satu ini masih berasal dari jenis yang sama dengan kayu manis. Tapi berasal dari jenis pohon yang berbeda . Pohon kayu mesoyi memiliki tinggi 25 meter dengan lebar diameter 30 cm. Sementara kulit kayunya memiliki tebal 0,5 cm. Ketebalan kulit ini membuat mesoyi termasuk rempah yang cukup tebal dibandingkan jenis rempah kayu lainnya. Mesoyi memiliki aroma wangi yang sangat khas dan dikenal dengan sebutan Massoia lactone.

 

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini