nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Langkah Elegan Menikmati Cokelat Seperti Ahlinya, Jangan Lupa Dihirup Dulu

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 15 Juli 2017 20:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 14 298 1736662 6-langkah-elegan-menikmati-cokelat-seperti-ahlinya-jangan-lupa-dihirup-dulu-9EKR7vRGtG.jpg Cara elegan menikmati cokelat (Foto:Istimewa)

SEORANG ahli cokelat, wine atau kopi punya lidah yang ekstra sensitif, kemampuannya ini merupakan bakat ataupun telah melewati rangkaian panjang pelatihan. Tapi jangan salah, semua orang bisa mencicip makanan secara elegan layaknya seorang ahli, misalnya untuk produk cokelat.

Dilansir dari Independent, Sabtu (15/7/2017) berikut 6 langkah elegan dan menawan saat mencicip cokelat. Dengan melakukan langkah ini, Anda dijamin terlihat seperti expert, mau coba?

 

Lihat dulu cokelat sebelum mencicipnya

Cokelat yang premium memiliki ciri berkilau pada permukaannya, tak ada retakan atau noda goresan. Memilih cokelat yang seperti ini menandakan Anda terlihat sebagai orang yang mengutamakan kualitas tampilan cokelat sebelum mencicipnya.

Cicipi cokelat yang rasanya ringan

Saat chocolate testing, hindari mencicip cokelat dengan rasa yang terlalu kuat seperti rasa kopi atau tembakau. Mulailah dari cokelat dengan rasa ringan dan halus, kemudian secara bertahap baru bisa mencoba cokelat dengan rasa yang semakin pekat.

Jangan lupa menghirup aromanya

Meskipun Anda seorang pencinta cokelat, usahakan jangan langsung menyambar untuk melahapnya, mulailah mencium aromanya terlebih dulu. Dekatkan cokelat sekitar 1 inch dari hidung dan rasakan aromanya. Cara ini akan membuat selera Anda semakin memuncak.

 

Makan sedikit demi sedikit

Jangan langsung memasukkan potongan cokelat besar ke dalam mulut, ambil potongan kecil dan biarkan cokelat meleleh terlebih dulu secara perlahan. Diamkan sekira 5 hingga 6 detik cokelat di dalam mulut sebelum mulai mengunyahnya. Cara ini akan mengundang mood bahagia lho.

 

Netralisir mulut sebelum mencoba cokelat berikutnya

Terlihatlah elegan dengan tetap menjaga sikap dan konsentrasi. Bersihkan sisa-sisa rasa cokelat di mulut dengan menyantap sesuatu yang tawar seperti makan roti tawar atau minum air putih. Cara ini bisa membuat Anda bisa membedakan rasa antara satu cokelat dengan cokelat lainnya.

 

Cokelat dengan tambahan perasa sebaiknya dicoba saat akhir

Kreasi cokelat dengan tambahan perasa kini banyak dibuat. Jika Anda berniat mencobanya, usahakan dilakukan di akhir. Cokelat dengan rasa yang paling kuat harus disisihkan untuk dicoba di akhir. Misalnya cokelat rasa cabai, mint atau cokelat kopi termasuk beberapa varian yang punya rasa dominan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini