nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Langkah Bikin Daging BBQ Lembut dan Enak Dikunyah

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017 06:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 14 298 1736811 5-langkah-bikin-daging-bbq-lembut-dan-enak-dikunyah-fbou5Iypsx.gif Daging panggang (Foto: Theloop)

BERNIAT menggelar acara BBQ-an? Ada satu kunci agar pestanya makin meriah dan jadi momen tak terlupakan! Makanan barbeque tersebut harus enak disantap!

Nah, agar pesta BBQ tidak rusak dengan kehadiran daging panggang yang terasa alot dan keras saat dikunyah. Simak dulu 5 tipsnya dalam artikel berikut ini.

Step 1

Siapkan daging yang hendak dipanggang, dengan mengikis lemak-lemak berlebih yang bisa memicu api panggangan menjadi lebih besar. Cuci daging dengan air dingin, lalu tepuk-tepuk hingga kering.

Step 2

Rendam daging dalam cairan bumbu atau marinate minimal selama dua jam, atau idealnya selama semalaman penuh. Jika tidak sempat untuk merendam daging sebelumnya, dan menggunakan teknik dry rub saat memanggang. Oles bumbu pada daging, dengan catatan waktu tidak lebih dari dua jam sebelum dipanggang.

Step 3

Panaskan panggangan dengan suhu temperature panas rendah, sekitar 300 derajat Fahrenheit. Jika alat panggang yang dipakai berjenis two burner jets, tempatkan daging di sisi yang dingin alias tidak terkena panas bara api langsung. Lalu jika panggangan yang dipakai, memiliki adjustable racks, alias bisa disesuaikan sendiri maka naikkan rak panggangan lebih tinggi daripada sumber bara api.

Step 4

Panggang daging hingga setengah matang, lalu oleskan kembali saus BBQ pada daging selama setiap 10 menit sekali di waktu 30 menit terakhir memanggang. Kunci agar daging bbq menjadi lembut sehingga mudah dikunyah, ialah dengan memanggang daging dengan temperatur panas yang rendah dan tidak menghadapkan langsung daging ke arah sumber api dalam waktu yang lama.

Step 5

JIka ingin melepaskan tulang rusuk yang masih menempel pada daging, buatlah kantung kecil dari kertas alumunium foil. Masak daging dengan suhu panas yang rendah (tidak langsung dihadapkan dengan sumber panas di alat panggang), ketika tulang rusuk sudah mulai masak kemudian pindahkan tulang rusuk tersebut ke dalam alumunium foil, lalu panggang kembali lengkap dengan balutan alumunium foil, beri olesan saus BBQ dan bumbu perasa sekitar30 menit sebelum tulang rusuk benar-benar matang sempurna. Demikian sebagaimana dilansir Livestrong, Senin (17/7/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini