Belum Terasa ke Sumba Barat jika Belum Mencicipi Daun Ubi Tumbuk Khas NTT

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Sabtu 15 Juli 2017 07:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 14 298 1736867 belum-terasa-ke-sumba-barat-jika-belum-mencicipi-daun-ubi-tumbuk-khas-ntt-j3lojJaVjz.jpg Daun Ubi Talas (Foto: Selerasa)

KEKAYAAN wisata Nusa Tenggara Timur tak hanya terlihat dari keindahan alamnya saja. Tetapi juga makanan khasnya yang membuat lidah rindu untuk mencicipi lagi dan lagi.

Daun ubi tumbuk misalnya, menjadi makanan khas wajib dicicipi di Sumba Barat. Meski hanya makanan sederhana, namun belum dapat dibilang sah ke Sumba Barat jika belum makan daun ubi tumbuk.

“Kami hidup dengan daun ubi tumbuk,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumba Barat, S.C. Poro saat berbincang dengan Okezone di Jakarta baru-baru ini.

Poro menjelaskan, untuk membuat makanan dari daun ubi ini tidaklah sulit. Pertama, Anda harus memilih daun ubi yang bagus. Kemudian dikumpulkan dan ditumbuk dengan diberi sedikit beras.

“Habis itu siapkan parut kelapa. Lalu minyak kelapanya dicampur dengan bumbunya. Rasanya luar biasa,” jelas Poro.

Rasa daun ubi dicampur dengan minyak kelapa memberikan sensasi yang berbeda di mulut. Ini membuktikan bahwa banyak bahan makanan yang bisa diolah dari NTT. Khususnya Sumba Barat. Siapkan nasi, kemudian makan bersama daun ubi tumbuk yang telah siap. Dijamin Anda akan ketagihan sayuran yang satu ini.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini