nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Anggap Sepele! Kenali Ciri-Ciri Menstruasi Tidak Normal

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 15:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 14 481 1736421 jangan-anggap-sepele-kenali-ciri-ciri-menstruasi-tidak-normal-vT0whCEBI5.jpg Ilustrasi (Foto: Alldischarge)

MENSTRUASI terjadi pada perempuan setiap bulannya apabila sel telur tidak dibuahi. Namun, tidak semua perempuan mengalami menstruasi secara normal. Entah itu siklus yang tidak teratur atau bahkan pendarahan berat.

Ketidaknormalan siklus menstruasi bukan hanya mengacaukan mood dan tingkatan energi, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan. Dilansir dari Bustle, Jumat (15/7/2017), inilah beberapa tanda menstruasi tidak normal yang harus diwaspadai oleh perempuan;

1. Sakit berlebihan

Kram perut bisa terjadi saat menstruasi datang. Tapi rasa sakit yang berlebihan hingga tidak bisa bangun dari tempat tidur adalah sesuatu yang tidak normal. Rasa sakit yang berlebihan disebut dengan dismenore dan bisa menyebabkan kemandulan. Sebaiknya, jika rasa sakit tidak tertahankan, segera konsultasi ke dokter.

2. Pendarahan berat

Normalnya, pembalut harus diganti setiap dua jam sekali. Namun apabila Anda terpaksa mengganti pembalut sebelum dua jam karena sudah penuh, itu tandanya Anda mengalami pendarahan berat. Ini adalah salah satu tanda bahwa menstruasi tidak normal.

3. Pusing selama menstruasi

Hari-hari pertama menstruasi bukan hanya menyebabkan kram perut, tetapi mungkin juga sakit kepala. Namun, apabila sakit kepala berlangsung selama periode menstruasi, itu berarti ada yang salah dengan siklus menstruasi yang Anda alami.

4. Terlalu lama

Paling lama menstruasi terjadi selama 7 hari. Apabila periode menstruasi Anda lebih dari tujuh hari, Anda disarankan untuk konsultasi ke dokter.

5. Tidak teratur

Kebalikan dengan periode yang terlalu lama, ada juga yang mengalami menstruasi tidak teratur. Bisa terjadi dua bulan sekali atau sebulan dua kali. Sebenarnya kondisi ini masih terbilang normal karena bisa dipicu oleh hormon yang tidak seimbang. Namun apabila terjadi terlalu sering, Anda harus memeriksanya ke dokter. Karena tetap saja periode yang normal hanya terjadi satu kali setiap bulan.

6. Mual

Ketika menstruasi, mood memang naik turun karena pengaruh hormon. Tapi, apabila Anda mengalami mual atau muntah selama menstruasi hal itu harus diwaspadai. Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk menghindari kondisi yang berbahaya.

7. Timbul bercak

Keluarnya darah setiap bulan hanya terjadi pada menstruasi. Apabila di saat bukan waktunya Anda menstruasi tapi timbul bercak, bisa jadi ada masalah pada tubuh Anda.

Itulah tanda-tanda yang mengindikasikan menstruasi yang Anda alami tidak normal. Mestruasi yang tidak normal juga bisa dipengaruhi oleh kista, depresi, dan olahraga berlebihan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini