nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelihara Hewan Berbulu Tingkatkan Kesehatan Usus si Kecil, Benarkah?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017 21:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 14 481 1736504 pelihara-hewan-berbulu-tingkatkan-kesehatan-usus-si-kecil-benarkah-LrMgvHDjf1.jpg Bayi bersama anjing peliharaan (Foto: Verywell)

DI rumah Anda ada hewan peliharaan? Kabar ini mungkin akan membuat Anda semakin sayang dengan hewan peliharaan nan menggemaskan itu.

Penelitian terbaru 2017 mengeluarkan pernyataan bahwa memelihara hewan dapat membuat bayi Anda lebih sehat! Memiliki hewan peliharaan di rumah telah lama dikaitkan dengan bobot yang lebih sehat pada si kecil. Tak hanya itu, penurunan alergi pun bahkan bisa terjadi.

Dilansir Very Well, Jumat (14/7/2017) memelihara hewan juga berkaitan dengan kesehatan usus si bayi. Sebab, adanya hewan di rumah mampu mengubah komposisi mikrobial fisik perut dan usus bayi, yang disebut mikrobium usus.

Lebih lanjut, bila melihat kondisi usus bayi, di sana banyak jenis bakteri dan strain yang hidup. Terutama di usus besar. Flora usus setiap manusia berbeda dan banyak faktor pengaruh terbentuknya flora tubuh. Mulai dari genetika hingga gaya hidup.

Flora di usus memengaruhi kesehatan Anda, mulai dari memainkan peran sebagai penentu berat badan hingga sistem kekebalan tubuh, bahkan keadaan mental. Bakteri di usus juga bisa memengaruhi kesehatan jantung.

Nah, kaitannya antara hewan peliharaan dengan kesehatan usus coba dibuktikan penelitian yang dilakukan belum lama ini. Di mana, hasil studi tersebut menjelaskan bahwa adanya hewan peliharaan di rumah bisa memengaruhi flora di usus bayi dan menemukan kaitan yang lebih mengejutkan.

Studi dilakukan dengan mengamati 746 bayi dari Kanada dan meminta para ibu untuk melaporkan kepemilikan hewan peliharaan mereka selama kehamilan dan pada 3 bulan pasca kelahiran. Pengamatan usus dilakukan dengan sampel tinja bayi.

Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa setengah dari semua bayi yang memiliki hewan peliharaan berbulu khususnya, baik saat hamil maupun saat kehidupan bayi dimulai di dunia. Dan didapati tumbuhnya flora baik di usus bayi yang memiliki hewan peliharaan. Sebut saja bakteri Oscillospira atau Ruminococcus yang ditemukan dua kali lipat lebih banyak.

Bukan hanya itu, manfaat memelihara hewan berbulu juga dapat membunuh bakteri jahat seperti Streptococcaceae pada bayi. Jadi, secara keselurhan dapat dikatakan, memiliki hewan peliharaan berbulu di rumah terbukti bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi dan mengurangi alergi.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini