nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kekebalan Tubuh Lemah, Penderita Diabetes Rentan Alami Pengeroposan Gigi

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 15 Juli 2017 07:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 14 481 1736813 kekebalan-tubuh-lemah-penderita-diabetes-rentan-alami-pengeroposan-gigi-xfJTB8LSiX.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

PENDERITA diabetes lebih mudah mengalami penyakit gusi dan gigi. Maka cegah diabetes sejak dini dengan menjalani gaya hidup sehat.

Dilansir Zeenews, Sabtu (15/7/2017), diabetes menyebabkan pergeseran mikrobioma oral yang memicu penyakit gusi, pengeroposan gigi dan rahangnya.

Penelitian ini dilakukan pada tikus yang mengalai diabetes, karena kadar gula darahnya sudah tidak normal. Telah diteliti, tikus tersebut mengalami penyakit periodontal yang juga berbahaya.

"Tikus diabetes berperilaku mirip dengan manusia. Tulang giginya perlahan-lahan rapuh dan terjadi risiko penyakit lainnya," ujar Dana Graves dari University of Pennsylvania di Amerika Serikat.

Untuk penelitian yang dipublikasikan di jurnal Cell Host and Microbe, tim peneliti memindahkan mikroorganisme dari tikus diabetes ke tikus yang normal. Sekira 42% tikus yang menderita diabetes mengalami penyakit di sekitar rongga mulut.

Temuan menunjukkan, akibat diabetes ada perubahan inflamasi mikrobioma oral yang meningkatkan keropos tulang pada periodontitis. Karena penderita diabetes tubuhnya sulit melawan serangan kuman dan mikroba lainnya yang hidup di beberapa bagian organ tubuh.

"Sistem kekebalan tubuh penderita diabetes sangat lemah. Akhirnya, tidak bisa mempertahankan diri unuk melawan penyakit," tambahnya.

Menurut para ahli, hal ini juga berlaku pada manusia. Sehingga, cegah dulu terjadinya penyakit diabetes sebelum merembet ke penyakit lainnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini