Image

SHARE LOC: Tengok Arsitektur Unik Masjid Jenderal Soedirman di Purwokerto

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 16 Juli 2017, 09:10 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 07 15 406 1737019 share loc tengok arsitektur unik masjid jenderal soedirman di purwokerto 2DHSdPvDLo.jpg Masjid Jenderal Soedirman (Foto: Instagram)

BERBAGAI bentuk bangunan yang unik dalam suatu kota bisa menjadi ikon kota tersebut. Tak terkecuali dengan bangunan masjid.

Meskipun dibangun untuk beribadah, tak sedikit masjid yang menjadi ikon suatu kota. Sebut saja Masjid Istiqlal di Jakarta, Masjid Kubah Emas di Depok, Masjid Cheng Ho di Surabaya, hingga Masjid Jenderal Soedirman di Purwokerto.

Masjid yang terakhir mungkin belum sering Anda dengar. Masjid ini diberi nama sesuai dengan panglima besar Jenderal Soedirman.

Arsitektur Masjid Jenderal Soedirman terbilang unik. Masjid ini dirancang dengan gaya Turki dan Cordoba, sebuah kota Islam yang hilang di Spanyol.

Bangunannya didominasi dengan warna putih. Di pintu masuk, Anda akan disambut dengan bangunan gapura berbentuk kotak yang berlapis hingga ke depan pintu masuk ke dalam masjid.

Masjid Jenderal Soedirman dibangun sejak 2012 di atas lahan seluas 3,7 hektar. Masjid ini bisa menampung hingga 1.500 orang. Letaknya berada di Jalan Gatot Subroto, Purwokerto, Banyumas. Mudah ditemukan karena terletak di pusat kota dan tak jauh dari Alun-Alun Purwokerto.

Masjid ini kini sering dikunjungi penduduk maupun wisatawan dari luar kota. Sebab, desainnya yang unik membuatnya dianggap sebagai ikon baru Purwokerto.

Bagi Anda yang Muslim, Anda bisa singgah ke masjid ini untuk beribadah. Sebelum pulang, Anda juga bisa mengabadikannya ke dalam kamera.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini