Terungkap! Manfaat Mendaki Gunung untuk Kesehatan Mental

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 15 Juli 2017 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 15 481 1737066 terungkap-manfaat-mendaki-gunung-untuk-kesehatan-mental-Ha90cSntzj.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

GENERASI milenial sedang kecanduan mendaki gunung. Salah satu faktornya adalah berkat tiga bersaudara al, el, dan dul yang menaklukkan gunung semeru. Faktor lainnya juga bisa karena Film 5 CM yang kala itu sempat hits.

Mendaki bukan hanya mencari foto terbaik bersama alam. Pun juga untuk sekadar menunjukan "saya bisa mendaki gunung." Di balik itu ada manfaat kesehatannya juga, lho. Tak hanya kebugaran fisik, tapi untuk kesehatan mental juga.

Dilansir dari Climbreport, para peneliti mengungkap bukti-bukti manfaat kegiatan luar ruang seperti mendaki gunung. Berikut adalah beberapa dari manfaat mendaki bagi kesehatan jiwa.

Mengurangi Stres

Hidup di dalam arus metropolitan dengan polusi dan padat penduduk, apalagi tekanan kerja, bisa meningkatan risiko depresi. Maka dari itu, luangkan waktu Anda ketika libur kerja untuk dihabiskan bersama alam bebas.

Menurut penelitian, 90 menit berjalan di hutan atau alam bebas bisa membuat pikiran lebih tenang dan rileks. Hasil dari berjalan di alam bebas menunjukkan penurunan aliran darah ke area tertentu di otak. Ini menandakan mereka lebih tenang.

Ingatan Lebih Kuat

Aktivitas seperti mendaki yang memakan waktu lama, bisa membawa perubahan pada otak secara positif. Salah satunya bisa meningkatkan kemampuan mengingat dan menajamkan kemampuan berpikir.

Membuat Bahagia

Berjalan di alam bebas dengan udara bersih melimpah dan pemandangan yang indah bisa mengurangi tekanan atau depresi. Daripada berjalan di perkotaan dengan tingkat polusi yang tinggi.

Produktivitas Meningkat

Dalam sebuah percobaan yang membandingkan antara kelompok yang mendaki dan tidak mendaki, terjadi perbedaan yang signifikan. Mereka yang pernah mendaki gunung memiliki skor lebih baik dalam hal produktivitas dibanding kelompok lain yang belum pernah mendaki gunung.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini