nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Senang Dulu, Pem-bully Teman Tak akan Lolos dari Peradilan!

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017 17:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 17 196 1738268 jangan-senang-dulu-pem-bully-teman-tak-akan-lolos-dari-peradilan-g4WcEb6Mtz.jpg Bully (Foto: Healthline)

BARU saja tenang sedikit dunia pendidikan dan anak-anak, sudah muncul lagi kasus yang melibatkan anak-anak dan sekolah. Kasus bully antar pelajar kelas 7 menjadi viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah akun gosip di Instagram kemarin, terlihat segerombolan siswa dan siswi SMP sebuah sekolah di Jakarta menyiksa seorang temannya. Terlihat terjadi kekerasan fisik, verbal, dan merendahkan siswi tak berdaya. Kejadian tersebut sayangnya berlangsung di luar sekolah, yaitu di pusat perbelanjaan di Jakarta.

Menanggapi kasus ini, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise mengatakan bahwa bully itu dilarang. Baik di sekolah dan di luar sekolah.

“Saat ini sudah ada aturan pidana untuk anak-anak pelaku bully,” kata Menteri Yohana saat dijumpai usai temu media di Kantor KPPPA, Senin (17/7/2017).

Jadi anak-anak pelaku bully harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Tindakan peradilan untuk anak pelaku bully adalah dengan menyelidiki kasus kemudian dilanjutkan dengan pembinaan.

“Akan ada mediasi untuk anak pelaku bully secara khusus. Dia nanti dibina dan dididik agar tidak melakukan bully lagi. Pembinaan bisa dilakukan di sekolah dengan melibatkan guru, pemuka agama, orangtua, dan psikolog,” ujarnya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini