nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malas ke Restoran? Kini Ada Robot Pengantar Sushi yang Siap Manjakan Perut Lapar!

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017 15:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 17 298 1738035 malas-ke-restoran-kini-ada-robot-pengantar-sushi-yang-siap-manjakan-perut-lapar-XDd7uqD0jC.jpg Sushi (Foto: 168sushijapanbuffet)

JEPANG sebagai salah satu negara yang perkembangan teknologinya paling terdepan di dunia, memang selalu bisa menghadirkan sesuatu yang unik.

Di mana sesuatu yang unik tersebut, seringnya hadir dengan tujuan untuk mempermudah aktivitas manusia dalam sehari-hari. Seperti kali ini contohnya, di mana dalam waktu dekat sebuah robot pengantar atau khusus untuk melakukan delivery sushi akan segera hadir di Jepang.

Jika biasanya saat di restoran sushi, maka ada mesin conveyor belt yang mengantarkan menu sushi untuk pelanggan. Kini, dengan kemunculan robot pengantar sushi tentu membuat para penduduk Jepang tidak lagi perlu datang langsung atau mengantri di sebuah restoran sushi.

 

(foto: Rocketnews)

Sebagaimana disitat Rocketnews24, Senin (17/7/2017) ialah perusahaan robotika bernama ZMP, yang mengeluarkan robot delivery yang diberi nama CarriRo Delivery. ZMP berkolaborasi dengan layanan pengiriman makanan Ride On Express, yang salah satu cabang perusahaannya ialah restoran sushi terkenal di Jepang, Gin no Sara.

Robot setinggi kurang lebih 1 meter ini memang dirancang khusus untuk mengirimkan makanan, dan dibuat bisa melewati jalanan setapak. Kecepatan robot CarriRo Delivery ini sendiri diketahui mencapai 6 km per jam atau sekira sama dengan kecepatan ketika manusia mengendarai sepeda dalam kecepatan normal.

Disebutkan lebih lanjut, robot yang didesain berwarna merah ini bahkan juga dilengkapi oleh teknologi seperti kamera, sensor laser, dan lampu sorot yang berfungsi untuk menerangi jalan saat dioperasikan di waktu malam atau keadaaan gelap. ZMP sendiri memperhitungkan, untuk satu robot CarriRo Delivery tersebut diharapkan mampu untuk mengantarkan pesanan makanan untuk 60 orang.

Untuk kejelasan beroperasi, sejauh ini disebutkan bahwa robot CarriRo Delivery akan beroperasi selama Agustus 2017, namun untuk periode lanjutan belum ada keterangan lebih lanjut yang diberikan oleh pihak ZMP mengingat aturan hukum perihal pengoperasian robot di area publik terutama jalanan masih belum valid.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini