nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KAYA REMPAH: Kecombrang, Bunga Eksotis yang Melezatkan Kuliner Indonesia

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017 07:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 17 298 1738120 kaya-rempah-kecombrang-bunga-eksotis-yang-melezatkan-kuliner-indonesia-gawpyVyzel.jpg Kecombrang bunga yang melezatkan masakan (Foto:Voatimes)

REMPAH jadi bumbu yang bisa dikategorikan sebagai bahan wajib saat mengolah masakan Indonesia. Berbagai rempah dihasilkan dari bagian tanaman yang berbeda mulai dari kulit, biji, batang hingga bunga.

Beberapa rempah Indonesia yang berasal dari bunga bukan hanya punya aroma dan rasa khas tetapi juga tampil cantik dan eksotis. Apa saja rempah berupa bunga yang bisa menyedapkan masakan? Kenali yuk 3 bunga ini.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Okezone rangkum 3 bunga eksotis yang dikenal luas sebagai rempah khas Indonesia yang bisa menyedapkan masakan, Selasa (18/7/2017).

Bunga telang

Bunga yang satu ini dikenal luas sebagai penghasil warna biru alami pada masakan. Bunga telang yang memiliki bentuk dan warna cantik ini biasa digunakan dalam keadaan segar maupun kering. Jika diperhatikan, bunga ini memang tidak menyumbang rasa dan aroma yang dominan namun orang banyak memanfaatkannya karena aspek warna. Memang dibutuhkan banyak bunga telang untuk menghasilkan warna biru pada makanan atau minuman tetapi hasilnya sangat eksotis dan juga alami pastinya.

 

Bunga lawang

Bunga lawang, kembang lawang atau biasa juga disebut pekak adalah salah satu rempah khas Indonesia berikutnya yang berbentuk bunga. Bunga lawang memiliki bentuk yang unik yakni kering dengan bagian kelopak cantik yang terdiri dari 7 hingga 8 ruas. Rempah ini memiliki rasa khas seperti adas manis dan biasa ditambahkan dalam masakan Aceh, Minang, Jawa dan Bali. Selain dijadikan campuran pada masakan, bunga lawang juga kerap dikonsumsi dalam bentuk teh.

 

Kecombrang

Si merah muda ini serung disebut dengan kecombrang. Kuncup bunga ini sering ditambahkan dalam masakan sebagai bahan baku maupun rempah tambahan. Biasanya masyarakat menambahkan kecombrang pada hidangan pecel, sambal ataupun dijadikan lalapan. Aroma dan rasa yang khas membuat kecombrang menawarkan sensasi rasa sendiri pada masakan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini