FOOD STORY: Jangan Ngaku Ice Cream Lovers kalau Enggak Berani Cicip Akutaq, Es Krimnya Orang Kutub

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 17 298 1738354 food-story-jangan-ngaku-ice-cream-lovers-kalau-enggak-berani-cicip-akutaq-es-krimnya-orang-kutub-Jt0pEepHWl.jpg Akutaq, es krim dari Kutub Utara (Foto:Sweetstateofmine)

BERANI mengaku pencinta es krim artinya berani dan siap mencicip berbagai rasa es krim dari manapun. Es krim memang identik sebagai suguhan dingin bercita rasa manis yang biasa dijadikan makanan penutup, tapi cobalah intip es krimnya orang Eskimo yakni akutaq.

Akutaq atau agutaq bisa dibilang sebagai es krim karena tekstur lembut, dingin dan memiliki penampakan seperti es krim pada umumnya. Namun bahan dan proses pembuatannya cukup ekstrem dan bisa dibilang tak lazim. Jadi jangan ngaku pencinta es krim dulu kalau belum berani mencicip akutaq.

Dilansir dari berbagai sumber, akutaq jadi makanan dingin yang sering disantap orang Eskimo. Meski tinggal di suhu super rendah, ternyata es krim juga jadi suguhan yang menggiurkan lho.

Akutaq disinyalir sudah ada sejak puluhan tahun silam. Untuk membuat hidangan lembut dan dingin ini diperlukan bahan baku yang cukup bikin terkejut. Akutaq diracik dari campuran lemak rusa kutub dengan minyak anjing laut, berbagai buah berry, daging ikan dan salju. Ya, bahan yang sangat berbeda dengan komposisi pembuatan es krim pada umumnya.

Proses pembuatan akutaq dimulai dengan membiarkan lemak rusa menjadi beku karena nantinya lemak inilah yang akan membuat teksturnya lembut. Semua bahan kemudian dicampur hingga menghasilkan es krim yang lembut dan creamy. Sekilas pasti orang awam pun akan tergoda mencicipnya.

Dari segi penampilan, akutaq punya tampilan yang menggoda layaknya es krim berry pada umumnya. Apalagi tambahan potongan berry yang membuatnya terlihat segar. Sementara dari tekstur, akutaq juga bertekstur lembut dan creamy.

Namun dari hal rasa, tentu akan membuat terkejut. Pasalnya es krim yang satu ini dibuat dari campuran bahan yang tak lazim sehingga sensasi rasa saat menyantapnya juga dijamin mengejutkan. Dibutuhkan nyali yang besar untuk bisa menyuapkan sesendok es krim ini masuk ke dalam rongga mulut. Jadi, berani mencicipnya?

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini