Image

Daur Ulang 5 'Sampah' Makanan Jadi Makanan Enak , Kulit Apel Jadi Selai & Kulit Kentang Jadi Keripik

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 20:02 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 07 17 298 1738411 daur ulang 5 sampah makanan jadi makanan enak kulit apel jadi selai kulit kentang jadi keripik S2iVwpoECZ.jpg Kreasi dari sampah sisa makanan (Foto:Instagram)

SIAPA yang mau makan kulit jeruk, kulit telur atau biji kurma? Tentu tak ada yang mau, dan biasanya semua berakhir di tempat sampah. Padahal beberapa sampah dapur ini masih bisa dimanfaatkan.

Dari instagram @soyummy, terlihat video singkat yang bisa menjadi alternatif untuk memanfaatkan beberapa sampah dapur. Sebut saja misalnya kulit jeruk, kulit apel, kulit telur, biji kurma dan kulit kentang biasanya akan berakhir di tempat sampah, tapi kini tidak lagi.

Penasaran sampah ini bisa dimanfaatkan untuk apa?

Pertama kulit jeruk Sunkist, potong jeruk menjadi dua bagian lalu ambil daging buahnya,. Kulit jeruk berbentuk mangkuk ini bisa jadi pengharum ruangan alami, caranya tuang minyak ke dalam kulit jeruk lalu beri sumbu dan nyalakan api. Ruangan akan segar dengan aroma jeruk.

Selanjutnya kulit apel bisa dijadikan selai manis teman makan roti. Cara membutnya cukup merebus kulit apel dengan air dan gula pasir hingga mengental. Simpan dalam toples dan nikmati sebagai selai olesan yang nikmat dan murah meriah.

Jika senang menggoreng kentang tanpa kulit, jangan terburu-buru membuang kulitnya. Panggang kulit kentang dengan siraman minyak dan taburan lada halus hingga kering. Sajikan sebagai keripik bersama taburan keju parut dan saus cocolan. Hmm… bisa jadi teman nonton film favorit nih.

Belum puas? Ada biji kurma yang bisa jadi alternatif pengganti kopi. Ambil biji kurma lalu sangrai sampai gosong, haluskan dengan food processor dan seduh dengan air panas. Nikmati di pagi hari.

Nah bahan yang satu ini mungkin paling diacuhkan, kulit telur. Jika berpikir lebih jeli, kulit telur bisa lho dimanfaatkan sebagai loyang mini saat memanggang kue. Caranya tata kulit telur lalu tuang adonan kue di dalamnya, panggang hingga kue matang dan angkat segera. Kue yang dihasilkan juga mungil dan antimainstream.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Berita Rekomendasi

Sampah bahan makanan
Cari Berita Lain Di Sini