Image

5 Tips untuk Jamaah Haji, Mulai yang Sepele hingga Penting

Tentry Yudvi, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 20:01 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 07 17 406 1738406 5 tips untuk jamaah haji mulai yang sepele hingga penting 3gdLb1stZD.jpg (Foto: Instagram)

SEBENTAR lagi musim Haji segera tiba. Umat muslim di Tanah Air yang akan berangkat ke tanah suci sudah mempersiapkan diri baik dari sisi rohani maupun jasmani. Namun, masih banyak hal yang perlu diperhatikan lho.

Saat melakukan perjalanan ke tanah suci, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Nah, untuk mempermudahnya, berikut ini ada tips dan trik agar perjalanan Haji lancar, seperti dilansir dari Muslimtravelergirl, Senin (17/7/2017).

Siapkan salinan dokumen penting

Pastikan Anda membawa salinan ekstra dari dokumen penting untuk mengantisipasi dokumen tersebut hilang. Misalnya saja, salinan dokumen bisa dimasukkan ke dalam bagasi sehingga Anda bisa memiliki salinan cadangan jika dokumen hilang.

Tetap fit

Saat melakukan ibadah Haji, seseorang diharuskan untuk berjalan hingga 20 mil. Oleh karena itu, sebelum berangkat pastikan Anda sudah menjalani rutinitas olahraga secara teratur untuk mempermudah perjalanan Anda.

Kemas barang esensial

Banyak barang yang perlu Anda bawa untuk membuat tidur selama di Mina lebih nyaman misalnya saja handuk, masker, tas backpack kecil, tisu, sandal, plastik dan Abaya bagi wanita. Disarankan untuk mengemas keperluan dalam tas kecil sehingga Anda dapat beribadah dengan nyaman.

Barang yang dibawa sangat penting

Barang- barang yang Anda bawa ketika menjalankan ibadah sangat penting. Misalnya saja membawa camilan, ekstra pakaian abaya, ihram dan beberapa produk higienis. Dan perlu dicatat ketika tiba di terminal Haji tidak banyak fasilitas yang Anda dapatkan sehingga Anda harus membawa air minuman ekstra, buah-buahan dan camilan. Bantal travel juga bisa dimanfaatkan dengan baik.

Bersabar

Harus penting dicatat ketika menjalankan Haji ada 2 juta-4 juta orang dari seluruh dunia juga menjalankan ibadah. Anda harus bersabar dan toleransi terutama ketika sesuatu tidak berjalan sesuai harapan.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini