nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TERUNGKAP! Protein DKK3 Bisa Mencegah Serangan Jantung & Stroke

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017 11:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 17 481 1737860 terungkap-protein-dkk3-bisa-mencegah-serangan-jantung-stroke-RvogqutSPd.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

DATANG secara tiba-tiba karena adanya penyumbatan aliran darah ke jantung membuat serangan jantung bisa berbahaya. Tak jarang banyak kasus kematian yang terjadi akibat serangan jantung. Serangan jantung bisa menyerang siapa saja termasuk mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung dan tampak sehat.

Hal itulah yang membuat banyak orang khawatir dengan serangan jantung. Tapi kini para ahli telah menemukan zat alami yang bisa mencegah pembentukan endapan lemak di arteri. Dengan begitu, suplai darah ke jantung bisa tetap berjalan normal.

Zat alami itu adalah protein alami yang terkait dengan dickkopf 3 (DKK3). Protein itu bisa menjadi kunci untuk melindungi individu dari serangan jantung dan stroke yang disebabkan oleh aterosklerosis, sebuah kondisi di mana lemak mengendap di arteri.

Penelitian dilakukan oleh periset dari King’s College London. Mereka mengukur kadar DKK3 dalam sampel darah yang dikumpulkan dari 574 orang selama 5 tahun. Dari hasil penelitian ditemukan orang-orang yang memiliki tingkat DKK3 rendah cenderung mengalami aterosklerosis selama lima tahun serta cenderung meninggal karena serangan jantung dan stroke.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa DKK3 mampu melindungi individu dari aterosklerosis. Hal itu dikarenakan DKK3 membantu memperbaiki lapisan endotel pada tanda awal kerusakan sebelum deposit lemak dapat terbentuk.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa tes darah sederhana bisa digunakan untuk menemukan orang-orang yang tampaknya sehat tapi berisiko terkena serangan jantung karena tidak secara rutin diidentifikasi berisiko oleh dokter mereka," kata Profesor Qingbo Xu, John Parker Chair of Cardiovascular Sciences di BHF Centre of Research Excellence, King's College London seperti yang dikutip dari Express, Senin (17/7/2017).

Untuk terlindung dari penumpukan lemak di arteri, mungkin ada baiknya untuk meningkatkan kadar DKK3. Sehingga serangan jantung dan stroke bisa dihindari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini