nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahaya Lensa Kontak, Dokter Temukan Ada 27 Lensa Kontak di Mata Wanita Ini!

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017 12:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 17 481 1737955 bahaya-lensa-kontak-dokter-temukan-ada-27-lensa-kontak-di-mata-wanita-ini-5JHb043x8A.jpg Kontak Lensa (Foto: Mirror)

Lensa kontak kini seringkali dijadikan pilihan oleh mereka yang memiliki gangguan penglihatan karena mata minus, plus, atau silinder. Cara pemakaiannya yang mudah dan tidak ribet seperti kacamata membuat semakin banyak orang yang menggunakan lensa kontak. Tapi, apabila tidak melakukan pemeriksaan rutin, lensa kontak bisa menyebabkan sejumlah masalah pada mata.

Baru-baru ini sebuah kabar mengejutkan datang dari rumah sakit di Inggris yang menemukan 27 lensa kontak di mata seorang perempuan berusia 67 tahun. Tim dokter mengatakan bahwa lensa kontak sudah ada di mata perempuan itu sejak lama.

Penemuan lensa kontak terjadi saat pasien hendak melakukan operasi katarak. Saat itu tim dokter menemukan 17 lensa kontak yang menempel di mata pasien sehingga operasi harus ditunda. Kemudian, di pemeriksaan kedua, dokter menemukan 10 lensa kontak lainnya. Selama penggunaan lensa kontak selama 35 tahun terakhir, pasien tidak menyadari bahwa lensa kontak menempel di matanya.

Awalnya pasien menganggap ketidaknyamanan pada matanya karena pengaruh usia dan mata kering sehingga dirinya memutuskan untuk operasi katarak. Namun, setelah dokter mengeluarkan lensa kontak yang menempel, pasien merasa matanya jauh lebih nyaman. Rupal Morjaria, salah seorang dokter yang menangangi pasien mengatakan, pembelian lensa kontak yang mudah dilakukan secara online membuat banyak pengguna lensa kontak malas melakukan pemeriksaan secara rutin.

Dilansir dari Mirror, Senin (17/7/2017),orang bisa terus menggunakan selama tidak menimbulkan masalah pada matanya. Namun, para pengguna harus memeriksakannya secara rutin. Apabila tidak dikontrol, lensa kontak bisa menimbulkan iritasi.

Lensa kontak yang digunakan terlalu lama juga bisa menyimpan banyak bakteri sehingga berbahaya untuk mata. Akibat lain dari penggunaan lensa kontak adalah infeksi pada mata, bahkan di beberapa kasus bisa menyebabkan pengguna kehilangan penglihatannya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini