Image

Kehilangan Pendengaran sejak Lahir, Bocah Menangis Histeris saat Pertama Kali Dengar Suara Ibunya

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 16:18 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 07 17 481 1738217 kehilangan pendengaran sejak lahir bocah menangis histeris saat pertama kali dengar suara ibunya HgiLBjCu1I.jpg Dawson Shull (Foto: Metro.co.uk)

IKATAN batin antara ibu dan anak tentu sangat kuat, walaupun dihalangi keterbatasan sekalipun. Hal itu pula yang dialami oleh Dawson Shull. Ketika pertama kali mendengar suara ibunya, dia menangis histeris dan langsung minta dipeluk karena merasa terkejut. Bayi laki-laki yang kini berusia 14 bulan itu menderita Cytomegalovirus bawaan sejak lahir.

Cytomegalovirus adalah infeksi yang terjadi saat bayi berada di dalam kandungan sehingga kehilangan pendengaran di kedua telinganya. Pada kasus Dawson, dirinya kehilangan pendengaran di keseluruhan telinga kanannya dan sebagian telinga kirinya. Hal itu menyebabkan Dawson hanya bisa mendengar suara di sekelilingnya dengan volume kecil.

Setelah lahir di bulan Mei 2016, Februari lalu Dawson menerima implan koklea. Perangkat elektronik itu berfungsi menggantikan bagian dalam telinga yang rusak sehingga memungkinkan penggunanya mendengar secara normal. Reaksi pertama Dawson saat mendengar direkam oleh ibunya Jessica Shull dan diunggah ke akun Instagram pribadi miliknya @jessicalshull.

“Ini adalah kemajuan yang sangat besar bagi Dawson. Awalnya Dawson memang menangis setelah saklar dinyalakan. Tapi kini hal itu sudah tidak mengganggunya. Bahkan sekarang dia senang bermain di atas xylophone dan piano selama berjam-jam karena mendengar suaranya,” ungkap Jessica seperti yang dikutip dari Metro, Senin (17/72017).

Orangtua Dawson merasa sangat gembira karena implan koklea pada putranya bisa membawa perbedaan untuk masa depan Dawson. Sebelumnya, mereka berpikir bahwa Dawson tidak akan pernah berbicara sama sekali karena sulit mendengar.

Tapi, setelah memasang implan koklea dan menjalani beberapa bulan terapi, kini Dawson bisa beraktivitas seperti anak lain dan mengejar ketertinggalannya. Hal itu terlihat dari beberapa video yang diunggah oleh Jessica di akun Instagramnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini