Image

AWAS! Ada Kandungan Bahan Kimia Berbahaya dalam Makaroni & Keju Instan

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017, 16:36 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 07 17 481 1738239 awas ada kandungan bahan kimia berbahaya dalam makaroni keju instan BO5dRobZ9R.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

SAAT ini banyak dijual makaroni pasta instan di minimarket. Penggemarnya bisa setiap hari membelinya. Padahal dalam bumbu instannya, mengandung zat kimia pemicu penyakit.

Sebuah studi baru menemukan, ada konsentrasi tinggi bahan kimia yang berpotensi berbahaya. Itu dikenal sebagai phthalate dalam bubuk makaroni dan keju.

Bahan kimia tersebut ditemukan dalam deterjen dan shampoo. Periset menganalisis 30 produk keju berbeda untuk phthalate.

Studi menunjukkan, keju alami memiliki kadar kimia terendah. Sedangkan produk keju olahan memiliki kadar kimia tertinggi.

Sementara phthalate dapat ditemukan di sejumlah produk rumah tangga dan perawatan pribadi. Seperti sabun, semprotan rambut, cat kuku, jas hujan, deterjen dan lantai.

Bahan kimia ini diyakini menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan ibu hamil dan anak-anak. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan, efek samping dari paparan bahan kimia tersebut dapat mengganggu sistem reproduksi.

Karena itu, hindari konsumsi makaroni keju instant untuk mencegah risiko yang tak diinginkan. Terlebih, bagi anak-anak yang paling suka makan produk tersebut. Demikian dilansir Zeenews, Senin (17/7/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Berita Rekomendasi

Cari Berita Lain Di Sini