nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KAYA REMPAH: 3 Tips Membeli Cengkeh Berkualitas, Kuncinya Beli di Pasar Tradisional

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 07:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 18 298 1739030 kaya-rempah-3-tips-membeli-cengkeh-berkualitas-kuncinya-beli-di-pasar-tradisional-L6ADIUgiBT.jpg Tips membeli cengkih berkualitas (Foto:Spices)

CENGKEH termasuk rempah khas Indonesia yang aroma dan rasanya banyak dilirik orang. Meskipun tidak setinggi dahulu, harga cengkeh saat ini juga masih terbilang tinggi. Jadi saat akan membelinya, pastikan yang kualitasnya premium ya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Okezone rangkum tips dan trik memilih cengkeh berkualitas premium di pasar. Jangan sampai tertipu, jadikan pembeli yang cerdas.

 

Beli di pasar tradisional

Jika mencari rempah khas Indonesia, datangi pasar tradisional karena di tempat ini banyak rempah berkualitas nomor satu. Selain itu pasar tradisional juga menjual barang pangan dengan harga miring.

Lihat ciri dan aromanya

Cengkeh biasanya dijual dalam bentuk kering. Pastikan cengkeh memang benar-benar kering dan tidak lembab atau basah karena cengkeh seperti ini akan mudah rusak dan membusuk. Bunga cengkeh berbentuk sempurna dengan kelopak yang tidak rontok. Selain itu hirup aromanya, cengkeh yang segar akan mengeluarkan aroma khas yang semerbak.

 

Beli di langganan

Jika tidak ingin tertipu, cobalah sambangi penjual rempah yang sudah menjadi langganan. Selain bisa menjalin silaturahmi, penjual yang sudah menjadi langganan ini pasti akan memberikan Anda produk yang berkualitas. Nilai tambahnya adalah jika Anda membeli dalam jumlah banyak, kemungkinan si penjual akan memberikan bonus atau potongan harga.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini