Ngilu-ngilu Segar, Rujak Buni di Bogor Ini Bikin Ngiler

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 18 298 1739057 ngilu-ngilu-segar-rujak-buni-di-bogor-ini-bikin-ngiler-ZetlDyWW6o.jpg Rujak buni khas Bogor (Foto:Instagram)

BAGI anak generasi 90-an mungkin masih tahu dan sempat mencicip buah buni yang asam-asam menusuk lidah. Buah ini dulu memang sering dijadikan bahan campuran untuk membuat Rujak tapi sayang keberadaannya sudah langka.

Ditengah gencarnya makanan kekinian, ternyata buah buni masih ada di beberapa daerah. Misalnya saja di Bogor, lewat akun instagram @visitbogor, beberapa waktu lalu diposting video yang memperlihatkan penjual rujak buni tengah asyik mengulek si buah bulat ini.

Buah mungil berwarna cantik ini memilili banyak nama sebutan antara lain buni, wuni ataupun huni. Untuk membuat rujak buni, dibutuhkan bahan yang terbilang simpel dan sederhana mulai dari cabai, gula merah, garam dan buah buni itu sendiri.

Cara menyantapnya juga unik, rujak bisa dimakan langsung ataupun dijadikan cocolan buah-buahan lain. Rasanya yang dominan asam segar dijamin bikin mata merem melek saat menyuapkan rujak ini ke mulut. Meskipun saat menyantapnya harus membuang biji kecil, tapi sekali suap, rasanya bikin nagih.

Di kota besar, penjual

A post shared by visitbogor.com (@visitbogor) on

"> rujak buni bisa dibilang langka. Karena selain buah ini tumbuh musiman, pohonnya pun sudah mulai sulit ditemui. Nah, foodies di tempat Kamu masih ada atau enggak nih si buah buni?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini