nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

COOKING GADGET: Rutin Mengasah Pisau agar Tak Menyulitkan Anda saat Memasak!

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 04:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 18 298 1739267 cooking-gadget-rutin-mengasah-pisau-agar-tak-menyulitkan-anda-saat-memasak-Tn4beo9l9n.jpg Pisau dapur (Foto: Food52)

PISAU dapur jadi peralatan yang memberikan peranan sangat penting dalam kegiatan masak-memasak, serta kegiatan menyantap makanan setiap harinya.

Maka dari itu, mulai dari memilih hingga perawatan soal pisau dapur tidak boleh diabaikan begitu saja. Agar, terhindar dari kesalahan dasar soal pisau dapur maka ada baiknya untuk mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan dasar perihal pisau dapur yang banyak sering dilakukan, dalam artikel di bawah ini.

Tidak cermat menentukan budget

Dalam membeli satu set pisau, budget atau batasan dana perlu diperhatikan. Jangan sampai hanya karena mengejar harga yang murah, maka Anda tidak ragu untuk membeli satu set pisau yang kualitasnya buruk.

Namun, jangan sampai juga tergoda untuk membeli satu set pisau dengan harga selangit. Standarnya, dengan range sekira Rp665.000 hingga Rp1,3 juta Anda sudah bisa mendapatkan satu set pisau berkualitas baik.

Keliru memilih set pisau 

Saat memilih-memilih dalam membeli pisau, maka perhatikan bahan metal pisau. Setiap pisau hadir dengan material bahan metal yang berbeda-beda, mulai high-carbon steel hingga stainless steel.

Oleh karenanya, masing-masing varian pisau hadir dengan kelebihan dan kekurangan. Perhatikan juga ukuran pisau yang dipilih, pilih ukuran pisau yang enak dan nyaman digenggam di tangan agar mudah saat digunakan. Begitu juga soal ukuran mata pisau.

Tidak disimpan dengan tepat 

Tidak menyimpan pisau dengan tepat, sebagaimana dikutip Mashed, Rabu (19/7/2017) ternyata juga mempengaruhi usia dari pisau itu sendiri. Semakin disimpan dengan baik, pisau akan semakin awet dan tahan lama karena mata pisau tidak terbentur satu sama lain.

Salah satunya, ialah dengan menghindari untuk menyimpan pisau di rak cucian piring. Menyimpan pisau di rak cucian piring, adalah hal yang berbahaya karena selain menjadi tercampur dengan peralatan lain, Anda bisa tidak sengaja tertusuk kapan saja.

Menggunakan secara asal 

Memakai pisau secara asal di sini maksudnya adalah, tidak menggunakan jenis pisau yang sesuai dengan fungsinya. Biasakan untuk memakai pisau sesuai fungsinya, misalnya pisau untuk memotong roti, pisau tebal untuk memotong daging-dagingan, sampai pisau untuk memotong sayur-sayuran dan buah.

Jarang diasah 

Menjaga agar mata pisau tetap tajam, sehingga bisa berfungsi secara optimal saat digunakan menjadi hal yang penting untuk dilakukan secara rutin. Pisau yang tumpul, hanya akan mempersulit pekerjaan Anda dalam memasak.

Untuk mengetes apakah pisau di rumah sudah cukup tajam atau belum, cukup dengan melakukan tes simpel dengan memotong lembaran kertas. Jika pisau yang digunakan, bisa memotong lembaran kertas maka pisau tersebut memiliki ketajaman mata pisau yang cukup baik.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini