nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dimasak dengan Api Besar, Kesalahan yang Bikin Scrambled Egg Jadi Enggak Enak!

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 05:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 18 298 1739282 dimasak-dengan-api-besar-kesalahan-yang-bikin-scrambled-egg-jadi-enggak-enak-AMaNIDn0he.jpg Scrambled Egg (Foto: Macheesmo)

SCRAMBLED eggs atau telur orak-arik jadi salah satu menu sarapan mudah, cepat dan kaya  nutrisi. Sehingga tidak heran, banyak orang awam yang bisa membuatnya dengan mudah walaupun tidak memiliki bakat memasak.

Akan tetapi, tahukah bahwa sebenarnya meskipun mudah dibuat namun masih banyak kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan orang dalam membuat scrambled eggs. Simak penjelasannya di bawah ini.

Menggunakan wajan atau pan beralas iron skillet atau metal besi 

Jika memasak scrambled eggs menggunakan wajan jenis ini janganlah heran jika telur menjadi menempel dan gosong di dasar wajan. Maka dari itu, selalulah ingat untuk menggunakan wajan anti-lengket ketika memasak scrambled eggs.

Memasak dengan api besar 

Telur pada dasarnya termasuk jenis makanan yang cepat matang, inilah yang membuat memasak scrambled eggs dengan suhu api kompor yang besar sangat tidak diperlukan. Alih-alih matang, malah akan membuat telur orak-arik Anda menjadi gosong dan kering. Cukup masak dengan api sedang atau kecil.

Mengocok telur di wajan 

Membuat scrambled eggs dengan teknik memecahkan telur dan mengocok langsung di atas wajan adalah cara yang keliru. Cara salah ini malah akan membuat hidangan telur tidak matang merata, lengket dan tidak menarik. Selalu pecahkan dan kocok telur rata di dalam wadah terpisah, sebelum dituang ke wajan untuk dimasak.

Tidak segera mengangkat telur 

Seperti disitat Mashed, Rabu (19/7/2017) maksudnya di sini ialah membiarkan scrambled eggs yang sudah matang masih berada di dalam wajan yang masih tetap panas walaupun api kompor sudah dimatikan. Kesalahan satu ini, akan membuat telur orak-arik yang sudah matang akan menjadi kering karena terus-menerus terkena suhu panas yang masih tertinggal pada wajan. Begitu matang, segera pindahkan scrumbled eggs ke dalam wadah mangkuk atau piring terpisah.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini