Image

Agar Tidak Jadi Mangsa Copet di Barcelona, Yuk Ikuti Tips Berikut Ini

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 17:16 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 07 18 406 1738878 agar tidak jadi mangsa copet di barcelona yuk ikuti tips berikut ini AYaymZp9Wh.jpg Copet di Barcelona (Foto: World Nomads)

BARCELONA menjadi salah satu kota terburuk di Eropa karena ada banyak kasus pencopetan di sana. Selain itu, kepadatan penduduk dan ledakan wisatawan jadi faktor pendukung lancarnya aksi pencopetan.

Dilansir dari Barcelona Tourist Guide, Selasa (18/7/2017), berikut sederet tips agar terhindar dari aksi pencopetan ketika berada di Barcelona.

1. Cobalah untuk tidak menunjukkan atau memperlihatkan barang-barang berharga Anda seperti dompet atau telepon genggam ketika sedang ada di tempat umum, karena barang-barang berharga Anda dapat menyita perhatian para pencopet dan memungkinkan Anda menjadi salah satu mangsa mereka.

2. Lebih memperhatikan jalan atau lingkungan yang Anda lewati, karena jika Anda dihadapkan pada sekelompok orang yang berusaha menarik perhatian Anda, bisa jadi itu merupakan trik mereka untuk membawa Anda masuk dalam perangkap. Segeralah belok, mundur dan cari jalan lain yang lebih aman.

3. Bawalah uang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak disarankan untuk membawa uang yang berlebihan ketika berada di Barcelona. Selain dapat menarik perhatian pencopet, Anda juga bisa membuka peluang kesempatan mereka untuk melancarkan aksinya. Meninggalkan barang-barang berharga yang tidak akan Anda gunakan ketika menjelajahi Barcelona juga bisa mengamankan Anda dari tindak pencopetan. Tinggallah barang-barang berharga Anda dalam brankas yang telah disediakan hotel.

4. Bawalah tas Anda di depan. Tidak disarankan untuk membawa tas di punggung ketika menjelajahi Barcelona. Pasalnya, jika Anda membawa tas dengan cara menaruhnya di punggung, ini akan memudahkan pencopet untuk mengambil barang apapun yang ada di dalamnya.

5. Jangan menyangkutkan kamera di leher Anda ataupun barang berharga lainnya, karena pernah kejadian ada seseorang yang sedang memotret dengan kamera yang menggantung di leher, lalu dengan sekejap ada orang lain yang menarik kamera tersebut. Dengan waktu yang hanya hitungan detik, kamera pun telah berpindah tangan.

Lebih aman menaruh kamera di dalam saku jaket, jika kamera terlalu besar maka masukan saja ke dalam sebuah tas kecil yang dipasangkan tali secara diagonal lalu diselempangkan ke depan badan, jangan menaruh dompert Anda di dalam tas, sebaiknya taruhlah di tempat terpisah yang menurut Anda lebih aman, karena biasanya pencopet mengincar tas para turis asing. Memang agak sedikit merepotkan, tapi setidaknya hal ini dapat menyulitkan aksi para pencopet.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini