nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berenang Manjur Stabilkan Gula si Penderita Diabetes

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017 08:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 18 481 1738646 berenang-manjur-stabilkan-gula-si-penderita-diabetes-j8Vcos8Pi3.jpg Diabetes (Foto: Gastional)

DIABETES menjadi masalah yang banyak dialami masyarakat sekarang. Masalah yang menyerang pembuluh darah itu bisa berakibat fatal bila tidak ditangani dengan tepat. Semakin sering melakukan pencegahan atau penurunan risiko masalah, maka tubuh Anda bisa lebih terjaga kesehatannya.

Banyak dokter merekomendasikan untuk selalu menjaga menu makan dan pola makan itu sendiri. Sebab, bila salah sedikit saja, kadar gula darah Anda bisa melonjak. Risiko komplikasi pun meningkat. Selain menjaga asupan makanan, ternyata Anda bisa menurunkan risiko diabetes dengan berenang.

Jenis olahraga itu ternyata tepat dilakukan untuk mereka yang ingin menjaga kestabilan gula darah. Dengan berenang, Anda melakukan olahraga yang sebernanya meletihkan namun tidak membuat Anda terlalu merasa letih.

Aktivitas aerobik seperti berenang bisa menjadi bagian yang sangat penting dari rencana perawatan diabetes Anda. Dengan berenang, itu akan membantu Anda membakar kalori, menurunkan berat badan, dan menjaga gula darah Anda terkendali.

Dr Melinda Ratini menjelaskan, bila Anda berenang, usahakan untuk mengetahui dengan baik kemampuan tubuh Anda. Jangan sampai malah nantinya akan menyusahkan, bisa karena lokasinya tidak begitu nyaman, kualitas airnya tidak baik, atau kedalaman yang tidak terjangkau.

"Jangan juga berenang sendirian. Usahakan setidaknya bersama teman, sekalipun sendiri, maksimalkan dengan swim laps yang bakal membakar kalori tubuh Anda," ungkapnya seperti dikutip WebMD.

Berenang juga ternyata aman dilakukan bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Dengan berenang, Anda secara alami menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol bagus. Tak hanya itu, masalah jantung juga bisa sedikit diatasi dengan berenang.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini