Image

Sering Main TTS? Selamat, Anda Memiliki Otak 10 Tahun Lebih Muda dari Usia Sekarang!

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 13:05 WIB
https img z.okeinfo.net content 2017 07 18 481 1738840 sering main tts selamat anda memiliki otak 10 tahun lebih muda dari usia sekarang V7564HxhxA.jpg Main TTS (Foto: Thespruce)

PERMAINAN asah otak cukup diminati oleh banyak orang. Salah satu permainan yang sering dipilih untuk menghabiskan waktu adalah teka-teki silang atau TTS.

TTS adalah permainan kata-kata di mana pemain harus mengisi kotak-kotak secara mendatar ataupun menurun sesuai dengan petunjuk yang diberikan. TTS bisa dimainkan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua, tergantung tingkat kesulitannya.

Mereka yang senang bermain TTS bisa mempertajam otaknya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Exeter dan Kings College London di Inggris mengungkapkan bahwa bermain TTS setiap hari meningkatkan fungsi otak di kemudian hari. Selain itu, para peneliti juga menemukan orang-orang yang sering bermain TTS memiliki kinerja kognitif yang lebih baik pada pekerjaan yang melibatkan perhatian, penalaran, dan ingatan.

Para peneliti menganalisis data dari 17.000 orang sehat berusia 50 tahun ke atas dalam sebuah percobaan online. Tim menanyakan seberapa sering mereka memainkan TTS dan memberikan tes kognitif online untuk melihat aspek fungsi inti otak. Peserta penelitian yang teratur bermain TTS memiliki fungsi otak 10 tahun lebih muda dari usianya. Hal itu berdasarkan tes kecepatan penalaran gramatikal dan akurasi memori jangka pendek.

“Kami menemukan hubungan langsung antara frekuensi permainan TTS dengan kecepatan dan ketepatan kinerja pada 9 tugas kognitif yang menilai berbagai aspek fungsi, termasuk perhatian, penalaran, dan ingatan,” ujar Keith Wesnes, profesor di University of Exeter seperti yang dikutip dari Zeenews, Selasa (18/7/2017).

Mereka yang bermain TTS secara konsisten memiliki kinerja yang lebih baik dan umumnya akan meningkat secara bertahap tergantung dengan frekuensi permainannya. Selain itu, TTS juga disebut ikut andil dalam pencegahan demensia.

“Sangat penting bagi kita untuk mengetahui faktor dan gaya hidup apa yang bisa menghentikan kenaikan penyakit demensia,” ungkap peneliti lain, Clive Ballard.

Akan tetapi, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai permainan TTS yang dilakukan secara teratur. Sebab, masih banyak yang mempertanyakan apakah bermain TTS benar-benar bisa mempertajam otak manusia.

(Helmi Ade Saputra)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini