Image

Obesitas Jadi Awal Munculnya Beragam Penyakit, Cegah dengan Diet Seimbang

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 15:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 18 481 1739062 obesitas-jadi-awal-munculnya-beragam-penyakit-cegah-dengan-diet-seimbang-FjQ18vZCE9.jpg Ilustrasi (Foto: Independent)

PROBLEM masyarakat modern saat ini banyak yang mengalami obesitas. Ada hal yang harus diperhatikan untuk mencegah risiko tersebut.

Spesialis Gizi Klinik Dr dr Samuel Oetoro MS SpGK mengatakan, obesitas atau kegemukan menjadi faktor utama penyakit tidak menular. Penelitian Kementerian Kesehatan tahun 2014 menyebutkan, stroke merupakan penyebab kematian terbanyak sejak saat itu.

"Segala penyakit ini asal muasalnya kegemukan, problemnya bisa kemana-mana. Makanya harus jaga pola makan," kata dr Samuel di sela Talkshow Superfood Bubuk Ekstrak Bahan Alami yang dihelat Herbilogy di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan, Selasa (18/7/2017).

Dia menambahkan, cara untuk menjaga pola makan yaitu dengan diet seimbang. Setiap kali makan, sertakan bahan makanan yang mengandung karbohidrat, serat, protein, lemak baik, vitamin dan lainnya.

Sayangnya, penduduk Indonesia banyak yang lupa dengan pola diet tersebut. Mereka cenderung suka konsumsi junk food dan makanan serba instan lainnya.

Akibatnya, banyak orang yang kegemukan dan menderita penyakit tidak menular. Lalu ada faktor lainnya termasuk tingginya tingkat stres, kurang aktivitas fisik, jarang olahraga dan merokok.

"Mengubah kebiasaan sehat bisa sulit dan mudah. Paling penting kuncinya yaitu motivasi dan kemauan saja. Kalau mau hidup sehat, masa mendatang bisa mencegah penyakit dengan sendirinya," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini