nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KAYA REMPAH: Asal-usul Jahe, si Tanaman Rimpang Penghangat Tubuh

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 09:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 19 298 1739952 kaya-rempah-asal-usul-jahe-si-tanaman-rimpang-penghangat-tubuh-OJJ3in80eE.jpg Jahe yang menghangatkan tubuh (Foto:Splendidtable)

 

JAHE bisa dibilang sebagai tumbuhan yang kerap kali ditambahkan dalam masakan maupun minuman untuk membuat rasanya semakin mantap dan memberi sensasi hangat. Sering melihat dan menggunakan jahe tapi belum tahu asal usulnya? Yuk cari tahu sekarang.

Dilasnir dari berbagai sumber, jahe termasuk dalam suku Zingiberaceae atau kelompok temu-temuan. Nama ilmiah jahe adalah zingiber officinale, nama ini diberikan oleh William Roxburg yang diperoleh dari kata Yunani, zingiberi dan dari bahasa Sansekerta, singaberi.

Banyak yang berspekulasi tentang asal tanaman ini karena jahe diperkirakan berasal dari India namun banyak juga yang mengatakan jahe berasal dari Tiongkok Selatan. Kemudian jahe menyebar ke Asia Tenggara, Jepang, hingga Timur Tengah. Jahe juga menjadi komoditas yang populer di Eropa karena memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan.

Jahe setidaknya memiliki beberapa varian antara lain jahe gajah atau jahe badak, jahe kuning dan jahe merah. Banyak orang sudah membuktikan khasiat jahe yang salah satunya adalah untuk menghangatkan badan.

Selain dijadikan campuran dalam amsakan dan minuman, jahe juga sering dijadikan produk olahan makanan mulai dari permen jahe, jahe bubuk, minyak jahe hingga esense jahe. Di Indonesia, jahe termasuk rempah yang sangat penting karena kerap digunakan sebagai campuran bumbu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini