nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendaki Cilik Khansa Syahlaa Sedih Banyak Sampah di Gunung Rinjani

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 20:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 19 406 1740170 pendaki-cilik-khansa-syahlaa-sedih-banyak-sampah-di-gunung-rinjani-KS1fl0czUb.jpg Khansa (Foto: Utami/Okezone)

JIWA petualang telah dimiliki oleh Khansa Syahlaa, pendaki cilik yang telah menaklukkan 7 puncak tertinggi di Indonesia. Namun ada satu hal yang mengganjal pada setiap pendakian.

Total pendakian yang telah dilakukan Khansa bersama ayahnya, Aulia Ibnu adalah 16 kali. Dalam setiap pendakian, Khansa selalu melihat tumpukan sampah yang ditinggalkan para pendaki.

Namun hal berbeda dirasakan ketika dia berada di Puncak Carstensz pada 15 Juli 2017. Ia melihat sebuah danau dengan sedikit sampah.

"Danau di sana bagus banget. Sedikit sampahnya," tutur Khansa saat ditemui di Jakarta Selatan, Selasa 18 Juli 2017.

Lalu gunung mana yang memiliki sampah terbanyak dari pengalaman Khansa? Menurutnya Gunung Rinjani adalah yang paling kotor.

Gadis berusia 11 tahun itu menyayangkan sikap para pendaki yang meninggalkan sampah di gunung. Khansa pun membawa turun sampah yang ia bisa pungut.

"Rinjani paling kotor, di Pelawangannya. Sedih begitu. Pengen dipungutin tapi terlalu banyak banget, jadi pungutin yang kecil-kecil aja," ujar Khansa.

Ia pun memberi pesan khusus kepada para pendaki yang mencintai alam. Tentu saja sampah adalah sesuatu yang buruk yang tidak seharusnya ditinggalkan di gunung

"Bawa turun lagi sampahnya. Aku juga enggak boleh ninggalin gitu aja," pungkas Khansa.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini