nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mimpi Aneh saat Tidur, 5 Penyebabnya yang Harus Dihindari!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 11:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 19 481 1739648 mimpi-aneh-saat-tidur-5-penyebabnya-yang-harus-dihindari-XBnvRVgArf.jpg Ilustrasi (Foto: Livescience)

TIDUR menjadi salah satu aktivitas yang cukup penting dalam kehidupan manusia. Semakin berkualitas, maka semakin baik pula kesehatan tubuh.

Nah, terkait dengan tidur berkualitas, mimpi punya andil besar dalam menentukan kualitas tersebut. Mimpi yang indah pastinya akan membuat Anda bangun dengan sumringah. Sedangkan mimpi buruk, Anda tahu rasanya.

Mungkin Anda belum tahu, bahwa mimpi aneh ternyata dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor kebiasaan. Dilansir dari Amerisleep, ada 5 alasan mimpi Anda jadi aneh.

1. Makan Pedas di Malam Hari

Makanan tertentu dapat memengaruhi seberapa mudah Anda melayang ke alam impian. Tapi makanan yang menyebabkan tidur nyenyak tidak hanya membuat Anda pulas. Makanan itu juga bisa membuat mimpi Anda jadi aneh.

Banyak orang melaporkan mimpi yang aneh saat mengonsumsi makanan pedas. Beberapa ahli menduga bahwa ini bisa terjadi karena makanan pedas menaikkan suhu tubuh Anda. Hal tersebut dapat menyebabkan Anda tidur tidak berkualitas. "Jika Anda sedikit lebih sadar, mungkin Anda lebih bisa mengingat mimpi dengan lebih jelas," kata pakar tidur di Universitas Stanford, Emmanuel Mignot, kepada Wall Street Journal.

2. Konsumsi Pil Tidur

Meminum suplemen melatonin bisa membantu Anda tertidur dengan lebih mudah. Tapi itu juga bisa menyebabkan Anda bermimpi aneh. Rasanya seperti sangat nyata!

Studi yang diterbitkan dalam Sleep and Hypnosis menemukan bahwa mahasiswa (terutama perempuan) yang minum melatonin 6 mg sebelum tidur lebih mungkin menilai mimpinya aneh dibandingkan dengan mereka yang memakai pil plasebo.

3. Berhenti Konsumsi Obat Tertentu

Secara khusus, antidepresan. Jika Anda dan dokter Anda memutuskan untuk harus berhenti meminumnya, turunkan dosis Anda, atau beralih ke resep lain. Sebab, bila berhenti total ada kemungkinan besar mimpi Anda akan terganggu. Anda akan dihantui mimpi aneh setiap malam.

Hal ini cenderung terjadi karena antidepresan bekerja dengan mengubah tingkat neurotransmiter di otak Anda. Menghentikan pengobatan dapat mempengaruhi bagaimana perilaku neurotransmiter tersebut yang dapat menyebabkan mimpi aneh.

4. Nonton Film Aneh Sebelum Tidur

Terbawa film. Mungkin kalimat tersebut bisa menggambarkan penyebab nyata Anda bermimpi buruk. Secara tidak langsung, alam bawah sadar Anda merekam setiap momen dalam film tersebut dan terbawa ke alam mimpi.

5. Stres Sebelum Tidur

Kondisi ini pun bisa pengaruhi mimpi Anda. Alih-alih ingin menenangkan diri saat stres dengan tidur, kondisi demikian malah menjadi bumerang buat Anda. Otak terus berpikir dan akhirnya membuat diri Anda tidak tenang. Mimpi aneh pun cenderung muncul ketika kondisi demikian terjadi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini