nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Guys, Ternyata Gangguan Tidur Rentan Serang Pria Gendut & Perokok Lho!

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 13:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 19 481 1739762 guys-ternyata-gangguan-tidur-rentan-serang-pria-gendut-perokok-lho-FLvyC3FOtH.jpg

SLEEP apnea atau apnea tidur merupakan gangguan yang serius pada pernapasan yang terjadi saat tidur. Di mana, saluran udara terhambat karena dinding tenggorokan mengendur dan menyempit.

Ketika kita tidur, otot-otot tenggorokan dapat mengendur dan lemas. Dalam keadaan normal, kondisi ini tidak mengganggu pernapasan. Namun, pada penderita apnea tidur, otot menjadi terlalu lemas sehingga menyebabkan penyempitan atau hambatan pada saluran udara yang mengganggu pernapasan.

GEJALA

Beberapa gejala yang dikategorikan sleep apnea antara lain mendengkur, bernapas sesaat, sering terbangun pada malam hari untuk buang air kecil, tersedak, tercekik waktu tidur, bangun tidak segar, mengantuk berlebihan, sakit kepala pada pagi hari, dan merasa lelah sepanjang hari.

FAKTOR RISIKO

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko mengalami sleep apnea :

1.Jenis kelamin

Sleep apnea lebih rentan terjadi pada pria.Leher besar. Ukuran leher yang lebih besar dari 43 cm lebih berisiko mengalami apnea tidur.

2.Obesitas

Adanya lemak berlebihan di jaringan lunak leher dan perut bisa mengganggu Anda dalam bernapas.Konsumsi obat penenang. Obat ini dapat membuat tenggorokan mengendur, contohnya obat bius dan obat tidur.

3.Usia

Apnea tidur lebih umum terjadi pada orang-orang di usia ini, meski bisa juga terjadi pada usia berapa pun.Hidung tersumbat. Orang yang mengalami penyumbatan pada hidung lebih berisiko menderita apnea tidur, misalnya karena polip dan kelainan struktur tulang hidung.

4.Riwayat keluarga

Jika terdapat keluarga Anda yang mengalami apnea tidur, risiko Anda menderita juga akan meningkat.

5.Merokok

Rokok dapat meningkatkan risiko inflamasi dan penumpukan cairan di saluran pernapasan atas.Konsumsi alkohol. Kebiasaan ini jika dilakukan sebelum tidur akan memperburuk apnea tidur dan dengkuran.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini