nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Campak dan Rubella, Ayo Bawa Anak Suntik Vaksin MR Agustus Nanti, Gratis!

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 16:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 19 481 1739934 cegah-campak-dan-rubella-ayo-bawa-anak-suntik-vaksin-mr-agustus-nanti-gratis-K8EUzLFKdx.jpg Ilustrasi (Foto: Naturalhealth365)

PEMERINTAH mengintroduksi vaksin measles rubella (MR) yang diberikan kepada bayi dan anak sebelum usia 15 tahun. Masyarakat diwajibkan untuk mendapatkan imunisasi vaksin tersebut di sekolah dan puskesmas.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dr HM Subuh MPPM mengatakan, vaksin MR diberikan untuk pencegahan penyakit campak dan rubella. Dua penyakit ini dampaknya dapat menyebabkan komplikasi yang memicu keguguran hingga penyakit bawaan pada bayi baru lahir.

"Vaksin MR sudah ditunggu 10 tahun. Kita siapkan cukup lama dan Agustus 2017 nanti launching nasional. Vaksin tahap pertama dilakukan di Pulau Jawa," kata Subuh saat Kampanye dan Introduksi Vaksin MR di Indonesia, Rabu (19/7/2017).

Subuh meminta kepada semua orangtua yang memiliki bayi usia 9 bulan dan anak-anak di bawah 15 tahun harus mendapatkan vaksin. Tujuannya jelas untuk mencegah kesakitan dan kematian akibat penyakit yang disebabkan oleh virus campak dan rubella. Baca Juga: Cegah Anak Lahir Cacat, Perempuan Hamil Harus Imunisasi Rubella

Meski sebelumnya pemerintah memiliki program nasional vaksin dasar wajib seperti DPT, Hepatitis, hingga Campak. Meski anak telah mendapatkan vaksin, pemerintah sangat mengimbau masyarakat untuk tetap mengimunisasi anaknya.

"Jadwal pemberian vaksin MR ini tidak diubah dan tidak ditambah suntikannya. Walaupun sebelumnya anak sudah dapat vaksin, tetap diwajibkan untuk melakukan imunisasi pada Agustus nanti," tambahnya.

Adapun pemberian vaksin MR dilakukan serentak di 6 provinsi yang tersebar di Pulau Jawa. Pada Agustus, vaksin pertama disuntikkan pada anak sekolah.

Sementara di September, barulah vaksin diberikan kepada bayi dan balita. Kegiatan ini dilakukan di fasilitas kesehatan puskesmas dan posyandu. Gratis!

Untuk sertifikasi kehalalan, vaksin MR sudah mendapatkan label halal dari Majelis Ulama Indonesia. Para orangtua diminta tidak ragu dan khawatir dengan hal ini.

"100% vaksin dijamin halal. Ibu-ibu tidak perlu takut vaksin dan efek sampingnya kecil kalau anak jadi panas setelah vaksin," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini