Waspada! Jika Menyerang Ibu Hamil, Virus Rubella Bisa Sebabkan Keguguran

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 19 Juli 2017 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 19 481 1740033 waspada-jika-menyerang-ibu-hamil-virus-rubella-bisa-sebabkan-keguguran-NVcfAffXiV.jpg Ilustrasi (Foto: Babycenter)

VIRUS rubella dapat menyerang ibu hamil. Waspadai bahayanya, dapat memicu kecacatan pada janin ketika lahir.

Perwakilan Ikatan Dokter Anak Indonesia Dr dr Hindra Irawan SpA(K) mengatakan, ketika virus rubella menyerang wanita hamil menimbulkan komplikasi berat. Meski sesungguhnya gejala yang dialami sangat ringan.

"Wanita saat hamil terkena rubella bisa demam tinggi, ruam, sakit otot, sakit kepala, nyeri sendi. Gejalanya ringan, tapi ketika terdiagnosa rubella bisa mengalami keguguran kalau rahimnya tidak kuat," kata dr Hindra saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/7/2017).

Lalu, pada wanita yang sudah terinfeksi rubella tubuhnya kebal. Semisal sudah keguguran, di kehamilan berikutnya tidak lagi terinfeksi penyakit sama. Dengan begitu, janin yang dikandung dalam rahim terbebas dari rubella.

Kalaupun bayinya tetap berada di rahim ibu dan terlahir, kondisinya akan mengalami kecacatan. Mulai dari jantung bocor, tuli, kebutaan, gangguan otak, dan lainnya.

Untuk pencegahan rubella, sebelum usia 15 tahun diharapkan sudah mendapatkan vaksin MR. Kekebalan dan keefektivitasan mencegah penyakit ini didapatkan seumur hidup.

"Calon ibu yang pernah kena rubella risikonya kecil. Tidak lagi berisiko karena lingkungan, maka selamatlah bayi kedua ini," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini