Hindari Minum Kopi & Makan Seafood, Mitos Kehamilan yang Seharusnya Tidak Dipercayai Calon Ibu

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 19 481 1740111 hindari-minum-kopi-makan-seafood-mitos-kehamilan-yang-seharusnya-tidak-dipercayai-calon-ibu-59u0ndXBXZ.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BANYAK pasangan muda yang baru pertama kali menikah ingin segera memiliki anak. Di kehamilan pertama, baik istri maupun suami tentu akan merasa sedikit bingung karena belum pernah mengalami sebelumnya. Terlebih banyak mitos mengenai kehamilan.

Bagi para calon ibu muda, mitos-mitos itu biasanya membuat mereka takut. Dikutip dari Bustle, Rabu (19/7/2017), inilah beberapa mitos yang seharusnya tidak dipercayai oleh calon ibu muda;

Tidak bisa olahraga saat hamil

Banyak orang yang mengatakan bahwa olahraga saat hamil bisa menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, atau merusak sendi. Menurut Laura Rilley, MD, berolahraga saat hamil malah membawa keuntungan bagi ibu dan janin dalam kandungan. Saat hamil, fisik ibu harus terus bergerak secara aktif. Olahraga dapat membantu mengurangi sakit punggung, memperbaiki mood, meningkatkan energi, dan membuat tidur menjadi nyenyak. Olahraga yang bisa dilakukan adalah yang berintensitas sedang. Untuk lebih aman, ibu hamil bisa berkonsultasi dengan dokter kandungannya mengenai olahraga yang seharusnya dilakukan.

Hindari makan seafood

Memang, beberapa makanan laut mengandung merkuri yang bisa menghambat perkembangan janin bila dikonsumsi berlebih. Tapi, makanan laut seperti ikan jenis tertentu bisa membawa manfaat untuk perkembangan janin. Umumnya, ikan mengandung protein, zat besi, dan seng tinggi sehingga baik untuk perkembangan janin. Selain itu, asam omega-3 yang terkandung di dalam ikan bisa mendorong perkembangan otak.

Jangan vaksin flu

Mendapatkan vaksin flu saat hamil katanya bisa menyebabkan keguguran atau anak lahir cacat. Padahal, vaksin flu bisa mencegah datangnya penyakit flu yang umumnya terjadi pada perempuan hamil karena daya tahan tubuhnya lebih rendah. Flu saat hamil bisa membawa dampak serius seperti meningkatkan risiko kematian.

Jangan konsumsi kafein

Kopi merupakan minuman favorit bagi banyak orang termasuk perempuan. Perempuan hamil biasanya tidak dianjurkan minum kopi karena meningkatkan risiko keguguran dan tidak baik untuk perkembangan janin. Padahal, minum kopi saat hamil masih tergolong aman asalkan kafein yang dikonsumsi kurang dari 200 mg per hari.

Sebaiknya tidur di sisi kiri

Saat kehamilan sudah memasuki trimester akhir, perut akan semakin membesar dan menyulitkan ibu untuk mengatur posisi tidur. Banyak yang menyarankan lebih baik untuk tidur di sisi kiri karena meningkatkan aliran darah. Sebenarnya tidak ada masalah dengan posisi tidur. Satu hal yang penting adalah posisi tidur harus sesuai dengan kenyamanan ibu.

Jangan mewarnai rambut

Sebenarnya, secara teoritis, kulit kepala hanya sedikit menyerap bahan kimia yang berasal dari produk perawatan rambut. Berbeda saat kulit kepala sedang infeksi. Tapi, ada baiknya apabila Anda ingin mewarnai rambut menunggu sampai trimester kedua. Pastikan Anda melakukan uji coba terlebih dahulu agar tidak membawa reaksi alergi pada janin.

Tidak bisa melakukan hubungan seks saat hamil

Banyak orang mengatakan bahwa hubungan seks saat hamil bisa menyakiti janin dalam kandungan sehingga menyebabkan keguguran. Nyatanya, leher rahim dijepit saat kehamilan sehingga hubungan seks tidak akan menganggu janin.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini