nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BEAUTY CAPTURE: Trik Mudah Terhindar dari Masalah Rambut Kusut dan Susah Diatur

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2017 08:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 20 194 1740730 beauty-capture-trik-mudah-terhindar-dari-masalah-rambut-kusut-dan-susah-diatur-2bNFsMbMpP.jpg Rambut kusut (Foto: Beautybar)

RAMBUT kusut merupakan hal yang sangat menyebalkan. Kondisi rambut ini umumnya dialami sesaat setelah bangun tidur atau setelah keramas. Rambut kusut disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah cara memotong dan menata rambut.

Ya, bila Anda memiliki rambut yang panjang dan sering di sisir, maka Anda mungkin membuat rambut menjadi bercabang dan rusak. Sekali rambut Anda mengalami kerusakan, potongan rambut yang tumpul akan keluar jalur sehingga rambut tidak kembali ke bentuk awal atau kusut.

Rambut kusut umumnya lebih sering dialami oleh pemilik rambut keriting dibandingkan lurus. Hal ini karena bentuk poros dari folikel rambut. Masalah kekusutran rambut membuat Anda menjadi sulit untuk mengatur atau pun menyisirnya.

Alhasil inilah yang menyebabkan wanita jadi tidak sabar untuk menarik atau menyisir rambut dengan harapan rambut akan bisa terurai. Apalagi bila harus terburu-buru untuk pergi. Sayangnya, yang terjadi justru rambut menjadi rontok.

Salah memperlakukan rambut kusut bisa menjadi awal dari timbulnya masalah rambut lain, seperti kerontokan dan rambut patah.

Nah, tak perlu khawatir, kini rambut kusut bisa diatasi dengan beberapa trik berikut, seperti dilansir IndianExpress, Kamis (20/7/2017).

Hindari pelurusan rambut

Bagi Anda yang kerap mengandalkan alat pelurus rambut untuk mendapatkan penampilan maksimal, saatnya mulai menanggalkan perawatan satu ini. Ya, untuk memastikan rambut bebas kusut dan mudah diatur, hindari melakukan pelurusan rambut terlalu sering.

Cucilah rambut menggunakan sampo yang tepat diikuti pengaplikasian kondisioner dan serum yang berguna untuk melembapkan rambut, terutama rambut kusut. Sesekali lakukan masker rambut untuk menghindari rambut kusut dan membuatnya tampak sehat berkilau.

Aplikasikan minyak kelapa

Minyak kelapa memang sudah lama dikenal baik untuk kecantikan kulit dan rambut. Untuk masalah rambut kusut, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada helaian rambut. Kemudian, cuci rambut menggunakan sampo dan kondisioner.

Jangan biarkan minyak kelapa didiamkan semalaman, segera bilas jika sudah didiamkan beberapa saat.

Gunakan sisir bergigi lebar

Menyisir rambut yang kusut tentu kerap memakan waktu yang cukup banyak, Anda bisa menggunakan sisir bergigi lebar. Sisir bergigi lebar berguna untuk menghindari rambut yang kusut sehingga lebih mudah untuk diatur dan disisir.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini