Share

Seperti Tren, Nikah Jauh Usia Kini Marak di Indonesia, Normalkah?

Muhammad Sukardi, Okezone · Kamis 20 Juli 2017 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 20 196 1740472 seperti-tren-nikah-jauh-usia-kini-marak-di-indonesia-normalkah-rpCEHkenVt.JPG Ilustasi (Foto: Instagram)

TAK habis pikir. Bagi Anda, mungkin pernikahan jauh usia rasanya mustahil. Seperti tidak ada saja jodoh yang lebih layak. Tapi, bagi pasangan ini, stigma tersebut bukan jadi masalah.

Belum hilang dari ingatan kita kasus pernikahan Slamet (16) dengan Rohaya (71) yang mengikat janji sehidup semati. Tak ada paksaan dari kedua belah pihak untuk menjalani sisa hidup berdua selamanya. Bahkan, pasangan ini mengharapkan adanya momongan untuk menyempurnakan cerita cinta mereka.

Mendengar kabar itu saja publik langsung tercengang. Apa benar anak laki-laki mencintai seorang nenek? Tapi, namanya cinta. Apapun bisa dilakukan. Betul tidak? Hehehe

Slamet dan Rohaya/Foto: Antara

Nah, gempar pernikahan pasangan Slamet dan Rohaya, publik pun minggu ini dikagetkan dengan gadis berusia 18 tahun bernama Diana, yang dipinang pria paruh baya, Sulaeman Daeng Ngampa yang usianya sudah 62 tahun. Pasangan ini berasal dari Sulawesi Selatan. Dengan busana adat Makasar, mereka berdua mengikat janji. Pesta pernikahan pun dihelat cukup besar. Kedua mempelai pun terlihat bahagia.

Diceritakan, pertemuan pertama Daeng Ngampa dengan Diana terjadi di rumah mempelai perempuan. Daeng Ngampa ternyata berteman akrab dengan ayah Diana yang memiliki usaha alat pertanian.

Daeng Ngampa menjelaskan, awalnya tidak ada percikan api cinta. Semuanya biasa-biasa saja. Namun, setelah kunjungannya yang kesekian kali, perasaannya berubah. Daeng Ngampa jatuh hati pada gadis yang baru "mletek" itu.

"Suguhan kopi Diana saat saya berkunjung ke rumahnya jadi seperti pemersatu kita berdua," katanya pada awak media. Dia melanjutkan, karena itu juga, saat dirinya mengajukan pertunangan, Diana pun langsung mengiyakan. Daeng Ngampa menegaskan, ya, karena mereka berdua saling suka. Makanya langsung setuju!

Daeng Ngampa dan Diana/Foto: Ist

Daeng Ngampa sendiri duda ditinggal meninggal istrinya. Di usianya yang senja, dia pun tak menampik membutuhkan pendamping hidup. Diana, yang terbilang "masih bau kencur" pun menjadi pilihannya. Menjadikannya istri yang siap bersama-sama mengarungi kehidupan.

Namun, apakah fenomena ini wajar? Beberapa waktu lalu, Okezone sempat mewawancarai Psikiater Anak Suzy. Menurutnya, apa yang terjadi dengan Selamet dan Rohaya sebenarnya sesuatu yang tidak biasa.

"Jika memang pemikiran normalnya berjalan, tentunya si bocah laki-laki tahu betul, Rohaya sudah nenek-nenek dan rasanya bukan jodohnya yang notabene pada laki-laki mencari perempuan yang berusia lebih muda," komen Suzy beberapa waktu yang lalu.

Namun, Suzy juga tidak bisa menyalahkan perasaan seseorang. Namanya cinta, segalanya bisa terjadi. "Tapi, kalau memang dilihat dari kenormalan perilaku manusia, hal tersebut jauh dari kata normal," pungkasnya.

(Baca Juga: Heboh, Kakek 70 Tahun Sunting Gadis Muda dengan Mahar Rp1,4 Miliar)

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini