Share

Nasi Lembek & Mudah Basi? Mungkin Anda Melakukan 5 Kesalahan Umum Ini saat Menanaknya

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Jum'at 21 Juli 2017 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 20 298 1740642 nasi-lembek-mudah-basi-mungkin-anda-melakukan-5-kesalahan-umum-ini-saat-menanaknya-yZtrwcyI2e.jpg Memasak nasi yang benar (Foto:Shutterstock)

NASI merupakan makanan pokok yang paling umum di Indonesia. Selain menyuguhkan cita rasa yang khas, makanan ini juga mengandung karbohidrat yang menjadi salah satu sumber energi tubuh. Karena sudah terbiasa mengonsumsi nasi, sebagian besar orang bahkan beranggapan “belum makan kalau belum menyantap nasi”.

Meski proses pengolahannya terlihat mudah, namun tidak semua orang sukses mengolah hidangan lezat ini. Ada beberapa kesalahan umum yang masih sering dilakukan, sehingga olahan nasi terasa lembek dan berair.

Baca Juga: Masak Nasi Pakai Microwave? Ternyata Bisa Lho

Untuk menghindari hal tersebut, berikut 5 kesalahan yang sering dilakukan saat mengolah nasi, seperti dilansir dari Mashed, Jumat (2/7/2017).

Tidak menggunakan alat yang tepat

Salah satu kesalahan paling umum yang sering dilakukan banyak orang adalah tidak menggunakan peralatan yang tepat. Membuat nasi putih hangat memang sangat praktis ketika menggunakan rice cooker. Namun, beberapa jenis makanan akan terasa lebih nikmat ketika dimasak menggunakan panci. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, pilihlah panci yang memiliki permukaan karena dapat mendistribusikan suhu panas dengan baik. Sehingga nasi yang Anda olah akan matang secara sempurna.

Tidak mencuci beras

 

(Mypersiankitchen)

Banyak produsen yang mengklaim bahwa produk mereka telah melewati proses sterilisasi. Meskipun demikian, Anda tetap harus membersihkan beras untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, mencuci beras merupakan salah satu cara ampuh untuk menghilangkan kelebihan pati dan kotoran-kotoran yang masih menempel pada bahan makanan tersebut. Proses ini tidaklah sulit. Yang perlu Anda lakukan cukup membilas beras dengan air dingin hingga warna air terlihat jernih dan bersih.

Cooking too hot

Hindarilah penggunaan api yang terlalu panas. Selain dapat memengaruhi rasanya, hal ini juga dapat merusak tekstur nasi. Bahkan jika Anda ingin membuat olahan bubur atau puding, gunakanlah suhu api yang sedang dan sewajarnya. Terlebih lagi jika Anda menggunakan panci khusus menanak nasi, alat ini umumnya telah dirancang khusus untuk mencapai suhu didih sehingga Anda tidak perlu repot-repot menaikkan suhu api.

Baca Juga:  Waspada! Ini Bahaya Makan Nasi yang Dipanaskan Lagi

Membuka tutup panci

 

(Finecooking)

Jika Anda sedang menanak nasi, jangan pernah tergoda untuk membuka tutupnya. Selain melepaskan uap panas yang akan memperanjang waktu memasak, hal ini juga dapat memengaruhi hasil akhir olahan nasi Anda. Pasalnya, ketika Anda membuka tutup panci, kandungan air yang ada didalamnya akan menguap sehingga tekstur nasi akan menjadi kering dan kurang matang. Lakukan lah hal ini jika Anda hendak menambahkan bumbu atau memeriksa seberapa banyak air yang tersisa.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini