Share

Banyak yang Keliru, Ini Cara Benar Membuat Secangkir Teh Panas!

Pradita Ananda, Okezone · Kamis 20 Juli 2017 06:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 20 298 1740752 banyak-yang-keliru-ini-cara-benar-membuat-secangkir-teh-panas-VES5W6IXk0.png Minuman teh (Foto: Videoblocks)

TRADISI atau kebiasaan meminum teh, memang bukan hanya menjadi sebuah ritual kebiasaan para masyarakat Inggris.

Kebiasaan meminum teh, entah di pagi atau sore hari sejatinya juga banyak dilakoni oleh masyarakat di Indonesia. Ditunjang lagi dengan faktor bahwa Indonesia hadir sebagai salah satu negara penghasil daun teh.

Akan tetapi, walau kebiasaan meminum teh sudah sangat mengakar dalam budaya orang Indonesia. Pernahkah terbesit dalam pikiran, apakah selama ini cara kita membuat secangkir teh apakah sudah tepat atau masih keliru?

Pasalnya, seperti disitat Independent, Jumat (21/7/2017) menurut ahli membuat teh profesional, Dr Stuart Farrimond ternyata masih banyak orang awam yang membuat minuman teh dengan cara yang keliru. Sesuai keterangan Dr Stuart Farrimond, langkah pertama dalam membuat secangkir teh dengan tepat ialah dengan membiarkan teh (baik itu kantung teh celup atau daun teh terseduh air panas di dalam cangkir dengan kurun waktu tepat 5 menit.

Mengapa demikian? Langkah ini ditempuh agar daun teh yang diseduh bisa mengeluarkan cita rasa yang maksimal. Selain itu, cara ini disebutkan juga akan meningkatkan kandungan zat-zat menyehatkan dalam teh seperti salah satunya kandungan zat anti-oksidan agar bisa keluar lebih alami lagi.

Disebutkan pula, bahwa membuat teh dengan wadah styrofoam adalah larangan mutlak, karena bahan styrofoam hanya akan membuat cita rasa alami lezat yang dihasilkan dari dalam daun teh akan berkurang karena styrofoam tersebut menyerap molekul-molekul perasa dari dalam daun teh.

Selain itu Dr Stuart Farrimond juga menyarankan, jika air yang terdapat di rumah memiliki kualitas yang tidak terlalu baik. Sebaiknya lakukan metode penyaringan saat menyeduh teh, cara ini bertujuan agar residu kalsium dan magnesium bisa hilang sehingga mencegah foam atau busa menggumpal di atas permukaan minuman teh yang pada akhirnya bisa mempengaruhi cita rasa dari teh itu sendiri.

Lebih lanjut diungkapkan, ternyata pemilihan warna dari mug atau cangkir yang dipakai saat membuat minuman teh juga ikut andil berperan dalam menentukan rasa akhir minuman teh tersebut. Contohnya, jika Anda termasuk penyuka segala sesuatu yang manis atau sweet tooth maka pilihlah cangkir atau mug warna merah dan pink yang akan meningkatkan rasa manis alami dalam teh. Sedangkan, mug atau cangkir warna putih dan biru akan mengeluarkan rasa sedikit gurih alias asin dari dalam kantung teh.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini