nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengandung Gula Tinggi, Sarapan Sereal Tiap Pagi Ternyata Tidak Sehat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 08:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 07 20 481 1740351 mengandung-gula-tinggi-sarapan-sereal-tiap-pagi-ternyata-tidak-sehat-T7Jzmu5EdX.jpg Sereal (Foto: Coach Nine)

MENU sarapan menjadi salah satu hal penting setiap harinya. Apa yang Anda makan di pagi hari, bisa menentukan daya tahan tubuh Anda pada hari tersebut. Makanya, sarapan menjadi kewajiban untuk tetap membuat tubuh sehat.

Tapi, kebanyakan orang agar sarapannya cepat, mereka memilih sereal sebagai menu makanannya. Dikatakan bergizi tinggi, alasan tersebut yang membuat sereal menjadi salah satu menu yang cukup banyak dipilih. Padahal, sereal tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari, lho.

Pakar diet dan ahli olahraga terakreditasi dari Australia, Ali Patterson, seperti dikutip Nine, Kamis (20/7/2017) mengatakan sereal tidak ideal untuk menu makanan tiap hari. Alasannya adalah sereal justru mengandung gula cukup tinggi sehingga tak baik dikonsumsi pagi maupun siang hari.

"Sayangnya, produsen sereal mengemas sereal sedemikian rupa tetapi tidak memberikan fakta bahwa ada tambahan banyak gula dan rendah serat di dalam sereal," kata Ali.

Lalu, bagaimana caranya agar tak terbuai dengan label gizi dalam kemasan? Ali menyarankan agar mengabaikan label tersebut. Untuk sekarang, Anda harus lebih jeli lagi terhadap label. Usahakan untuk memilih sereal yang rendah gula.

"Biasanya, daftar bahan yang lebih sedikit itu lebih baik. Sebab bahan-bahan tercantum dalam urutan dari proporsi tertinggi sampai yang paling rendah. Idealnya, pilih sereal dengan bahan baku kaya serat di awal daftar, misalnya gandum dan buah kering," ujarnya.

Nah, bila kebiasaan mengonsumsi sereal sulit dihilangkan, Ali coba memberi saran untuk memilih sereal yang sehat. Seperti weet-bix atau biskuit dengan secangkir susu yang hanya mengandung 13 gram gula, sereal jagung dengan 15 gram gula, sereal yang mengandung sodium tinggi, atau gandum utuh.

"Selain murah, gandum itu tinggi serat dan tidak memiliki gula tambahan. Anda bisa membuatnya menjadi bubur, muesli, atau rendam semalaman untuk mengubahnya menjadi oatmeal," pungkas Ali.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini