nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sssst! Kotoran Telinga Ternyata Punya Segudang Manfaat, Buang Cotton Bud Anda

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 11:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 20 481 1740421 sssst-kotoran-telinga-ternyata-punya-segudang-manfaat-buang-cotton-bud-anda-WVoFHoR4u7.jpg

GATAL pada telinga bisa jadi tanda adanya kotoran berlebih di area indera pendengaran. Bahkan, bila kotorannya terlalu parah, bisa sampai membuat telinga Anda berdengung kencang.

Kendati demikian, banyak ahli medis yang tidak merekomendasikan penggunaan cotton bud. Selain membahayakan telinga, kotoran pun dikhawatirkan tidak akan keluar dengan maksimal. Pembersihan pun malah membuat masalah baru.

Sebelum mengetahui cara pembersihan yang aman, Anda sebaiknya memahami betul apa fungsi kotoran tersebut bersarang di telinga.

Dilansir dari Clear Ear Inc, kotoran telinga sebenarnya berfungsi baik untuk mencegah debu, kuman, dan bakteri masuk ke bagian dalam telinga. Kemudian, adanya kotoran telinga juga dimaksudkan agar risiko iritasi menjadi lebih kecil. Infeksi dan kerusakan pada kulit sensitif pun dapat diminimalisir dengan adanya kotoran tersebut.

Tak hanya itu, kotoran telinga juga bisa memperlambat pertumbuhan dan penyebaran bakteri dan yang cukup sederhana, kotoran telinga berfungsi untuk menghalangi air masuk ke dalam telinga. Jadi sebenarnya, adanya kotoran telinga itu baik untuk kesehatan tubuh Anda!

Tapi, bila kotorannya sudah terlalu banyak, maka bahaya yang akan dirasakan. Nah, untuk pembersihan yang benar, disarankan dokter salah satunya dengan menggunakan cairan minyak hangat. Tidak sembarang minyak, diketahui minyak zaitun cukup aman bila dimasukan ke dalam telinga.

Kenapa minyak zaitun? Sebab, dengan minyak, kotoran akan menempel dengan baik dan akan keluar dengan aman. Selain itu, penggunaan minyak juga diyakini tidak menimbulkan iritasi dan membuat telinga malah infeksi karena adanya gesekan terlalu kuat.

Oh iya, kenapa harus hangat? Dapat dijelaskan, ketika minyak hangat masuk ke telinga, respons tubuh pun tidak menjadi masalah. Sehingga, pembersihan pun akan berjalan aman.

Caranya sederhana, minyak bisa langsung digelontorkan ke telingga atau bisa menggunakan media seperti kapas dan alat pembersih telinga. Untuk waktunya, minyak bisa dimasukkan ke dalam telinga sekira 5 detik, setelah itu keluarkan.

Jika menggunakan kapas, bisa didiamkan terlebih dulu selama beberapa menit. Setelah itu bersihkan. Pembersihan dilakukan seminggu sekali dirasa sudah bisa membuat telinga bersih dari kotoran. Jangan terlalu sering juga untuk meminimalisir infeksi telinga. Selamat mencoba! 

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini