nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Manfaat Mendaki Gunung bagi Mental, Pendaki Wajib Tahu!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 20:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 20 481 1740901 4-manfaat-mendaki-gunung-bagi-mental-pendaki-wajib-tahu-I72WhVKAfK.jpg Manfaat Mendaki Gunung (Foto: Hilwalktour)

MENDAKI gunung kini telah digandrungi oleh banyak orang, ternyata tidak hanya sekadar kegiatan luar ruang yang mampu menyehatkan badan. Banyak manfaat yang akan didapat oleh para pendaki jika melakukan pendakian dengan cara yang tepat dan mampu menjaga keselamatan.

Dilansir dari Hill Walk Tours, Kamis (20/7/2017), berikut 4 manfaat mendaki gunung bagi mental yang perlu pendaki ketahui!

1. Menyehatkan Mental

Mendaki merupakan kegiatan luar ruang yang dilakukan di alam bebas. Kegiatan ini lebih efektif daripada jika kamu hanya sekadar berjalan-jalan di kota. Kegiatan berjalan pasti memiliki manfaat bagi kesehatan fisik, tapi berjalan-jalan di alam bebas memiliki tambahan manfaat bagi kesehatan mental. Selain itu, mendaki juga menawarkan manfaat lainnya seperti menghilangkan suasana hati yang buruk.

Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Ini Dia Fulan Fehan, Hamparan Karpet Hijau Alami di Atambua NTT yang Indah

2. Meningkatkan Kemampuan Otak

Pendaki tidak perlu khawatir memiliki masalah mental, karena penelitian menunjukkan orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di alam dan sedikit waktu menggunakan teknologi, lebih kreatif hingga 50 persen dalam memecahkan masalah. Selain itu, orang yang sering berjalan kaki akan memiliki ingatan yang lebih baik daripada mereka yang jarang melakukannya. Jika rutin dilakukan dengan teratur, maka manfaatnya bisa mengembalikan fungsi kognitif otak seperti tidak cepat lupa dan fokus.

3. Menghindarkan Stres

Salah satu manfaat dari mendaki gunung adalah mengurangi kemungkinan seseorang akan stres tingkat tinggi. Berjalan di atas treadmill memang latihan yang bagus untuk memperbaiki keadaan mental, namun alam mampu lebih baik dalam melawan masalah mental seperti stres dan depresi. Pemandangan hutan, pegunungan, taman dan pantai yang beragam jauh lebih mempesona daripada dinding gym. Jadi, tidaklah mengherankan jika berjalan melintasi alam atau taman dapat membuat kita merasa jauh lebih bahagia.

4. Menyegarkan Pikiran

Saat kita mendaki gunung alam seakan menyambut otak dengan ucapan selamat datang dan perasaan pun sekejap akan beralih. Berkelana ke daerah yang tidak ada WiFi benar-benar dapat membantu meringankan efek kelelahan mental yang selama ini menatap monitor dan tercemar teknologi. Dengan sementara menjauh dari dunia perkotaan dan teknologinya, para pendaki akan merasakan pikiran mereka segar dan tidak ada lagi beban di pundak yang terasa menjengkelkan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini