nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Susah Bisa Tidur 8 Jam Sehari? Curi-Curi Waktu saat Makan Siang Solusinya

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 20:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 20 481 1740982 susah-bisa-tidur-8-jam-sehari-curi-curi-waktu-saat-makan-siang-solusinya-BSMw2bKeGq.jpg Ilustrasi (Foto: Dr Lam)

TIDUR adalah hal yang dibutuhkan oleh setiap orang guna mengistirahatkan tubuh dari rutinitas yang padat. Orang-orang disarankan memiliki waktu yang cukup untuk tidur agar merasakan manfaat kesehatannya. Namun, beberapa orang dengan berbagai alasan belum bisa tidur dengan waktu yang cukup.

Sebuah penelitian terbaru dari Wheaton College menghubungkan tidur yang buruk dan terganggu dengan risiko demensia yang lebih tinggi. Di sisi lain, Nick Littlehales, pelatih tidur dan penulis panduan menyeluruh untuk tidur, mengatakan temuan baru ini berguna agar orang memusatkan pikirannya mengenai manfaat tidur.

Namun, Littlehales tidak menyarankan cara tagihan tidur. Sebagai contoh, banyak yang merasa waktu tidurnya kurang sehingga di akhir pekan memutuskan untuk tidur sepanjang hari guna membayar waktu tidur yang kurang. Jelas cara ini tidak membawa manfaat bagi tubuh bila dilakukan.

"Alangkah lebih baiknya apabila kita mengadopsi pendekatan tidur yang lebih baik agar melindungi tubuh seiring bertambahnya usia," ucap Littlehales seperti yang dikutip dari Time, Kamis (20/7/2017).

Salah satu kondisi berbahaya yang timbul akibat waktu tidur yang kurang adalah diabetes. Penyakit ini secara langsung dan relevan berkaitan dengan waktu tidur yang singkat dan tidak berkualitas.

"Saat Anda kekurangan tidur, maka otomatis Anda kekurangan makanan. Hal itu bisa mengubah mood dan motivasi. Sehingga Anda memutuskan untuk segera makan guna mengubah kebiasaan makan. Keputusan untuk makan tengah malam akan memproses gula, " jelas Littlehales. Di kasus yang sama, kurang tidur juga menyebabkan diabetes.

Littlehales mengemukakan gagasan lain yang mengatakan kurang tidur bisa berkontribusi terhadap kecanduan kopi. Asupan kafein bisa menyebar ke seluruh tubuh. Dan bagi beberapa orang, kafein yang diterima oleh tubuh bisa membuat tubuh terjaga hingga besok. Untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, banyak orang yang memilih tablet tidur.

Tapi, penggunaan tablet tidur harus sesuai dengan pengawasan dokter. Sebab apabila berlebih bisa menyebabkan bahaya. Menurut Dewan Riset Ekonomi dan Sosial Inggris,satu dari 10 orang secara teratur mengambil tablet tidur agar tidur lebih berkualitas.

Cara lain yang lebih sehat adalah meluangkan waktu untuk memulihkan tubuh dengan tudur lebih awal dan meninggalkan kewajiban sejenak. Anda bisa mencoba memulainya dengan tidur 8 jam sehari.

Littlehales menyarankan satu trik yaitu jangan menghabiskan waktu 8 jam selama tidur malam. Anda juga bisa membagi-baginya saat perjalanan ke tempat aktivitas menggunakan angkutan umum atau mencuri-curi waktu di jam makan siang untuk tidur.

"Ini adalah sedikit pencerahan. Dengan menyadari bahwa Anda perlu memberikan kesempatan bagi otak untuk masuk dalam keadaan restoratif, hal itu akan berdampak bagi kesehatan. Setiap harinya, Anda memiliki waktu 24 jam. Anda tinggal perlu mengaturnya bagaimana dalam 24 jam Anda memiliki tidur yang cukup selama 8 jam," tambah Littlehales.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini