nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perempuan Rentan Terkena Infeksi Saluran Kemih, Waspada saat Urine Jadi Kuning Gelap

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 21:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 20 481 1741008 perempuan-rentan-terkena-infeksi-saluran-kemih-waspada-saat-urine-jadi-kuning-gelap-zvO0xTinwy.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

TUBUH memiliki banyak sistem untuk mengatur keseimbangan. Salah satu sistem yang ada di dalam tubuh adalah sistem ekskresi. Sistem ini membuang sisa zat metabolisme yang tidak dibutuhkan oleh tubuh berupa cairan atau gas. Salah satu cara mengeluarkan zat adalah melalui urine.

Urine adalah cairan zat sisa yang berasal dari penyaringan darah oleh ginjal. Selain melibatkan ginjal, proses pembentukan urine juga melibatkan ureter, kandung kemih, dan uretra. Ketika kandung kemih penuh oleh cairan zat sisa dari ginjal yang disalurkan oleh ureter, ada dorongan dalam tubuh untuk buang air kecil. Di saat itulah urine keluar melalui uretra. Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini saat Menderita Infeksi Saluran Kemih

Namun, proses pengeluaran urine tidak selalu berjalan lancar. Organ-organ yang terlibat dalam proses pengeluaran urine bisa saja mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi ini disebut dengan infeksi saluran kemih (ISK). ISK bisa terjadi pada siapa saja, tapi lebih rentan pada perempuan. Hal itu dikarenakan perempuan memiliki saluran yang lebih pendek antara uretra dengan kandung kemih.

Infeksi bisa terjadi karena urine mengandung zat sisa yang berisi bakteri. Saat dikeluarkan, tidak semua bakteri ikut terbuang. Bakteri yang tertinggal itu menyebabkan infeksi. Pada perempuan, infeksi juga bisa terjadi apabila aktif melakukan hubungan seksual karena tubuh orang lain berdekatan dengan uretra. Menurut Dr James Wantuck, apapun yang diletakkan dalam vagina bisa meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

Dilansir dari Fox News, Kamis (20/7/2017), inilah beberapa tanda yang menunjukkan Anda terkena ISK:

Perubahan warna urine

Tanda paling jelas bahwa Anda mengalami ISK adalah perubahan warna urine. Apabila urine berwarna lebih gelap atau mengandung darah, besar kemungkinan Anda mengalami infeksi.

Bau kuat

Urine memang memiliki bau yang unik. Tapi, apabila bau urin terasa lebih kuat dan menyengat, itu berarti saluran kemih Anda bermasalah. Baca Juga: Waduh, Ternyata Ini Bahayanya Infeksi Saluran Kemih pada Remaja

Sakit perut

Seiring dengan ISK, biasanya tubuh akan mengalami nyeri tertutama di bagian perut dan punggung bagian bawah. Nyeri pada punggung bisa menjadi indikasi adanya infeksi ginjal.

Mual

Saluran kemih bagian dari sistem pencernaan. Ketika saluran ini terinfeksi, berdampak juga ke saluran pencernaan. Akibatnya, Anda bisa merasa mual bahkan muntah saat saluran kemih sedang terinfeksi.

Demam

Infeksi terkadang bisa menyebabkan demam. Namun, apabila demam disertai dengan rasa menggigil, Anda disarankan untuk mengunjungi dokter karena kemungkinan Anda mengalami infeksi ginjal yang parah.

Cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari ISK adalah banyak minum air, jangan menahan keinginan buang air kecil, gunakan celana berbahan katun. Pada perempuan, usahakan untuk tidak menggunakan alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam vagina dan segeralah ke toilet untuk buang air kecil dan membersihkan vagina usai berhubungan seksual.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini