nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap! Alasan Ratu Elizabeth II Selalu Pakai Sarung Tangan di Berbagai Acara!

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2017 19:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 21 194 1741487 terungkap-alasan-ratu-elizabeth-ii-selalu-pakai-sarung-tangan-di-berbagai-acara-AkBajYF0aY.jpg Ratu Elizabeth (Foto: WallAlphacoders)

TERLAHIR menjadi seorang bangsawan Kerajaan Inggris memang membuat siapa pun harus patuh terhadap aturan turun temurun yang sudah dijalankan, tak terkecuali seorang Ratu sekali pun. Hal ini juga berlaku terkait aturan berbusana yang dikenakan.

Ya, mungkin belum banyak yang tahu bila terdapat aturan tersendiri yang harus dipatuhi bangsawan dalam hal berbusana. Mereka memang kerap berpenampilan rapi, sopan, elegan, dan tak jarang stylish. Namun, sesungguhnya di balik busana yang mereka kenakan, tersimpan pesan atau makna yang ingin disampaikan. Seperti apakah?

Mengapa Pangeran George selalu kenakan celana pendek?

Penampilan putra pertama Kate Middleton dan Pangeran William memang tak kalah menawan seperti orang tuanya. Dalam sejumlah foto yang dirilis keluarga kerajaan, penampilan Pangeran George memang tak pernah gagal mencuri perhatian. Apalagi Pangeran George kerap tampil modis dan lucu dalam balutan kemeja atau sweater serta padanan celana pendek.

Ya, bila diperhatikan, Pangeran George tampak tak pernah absen menggunakan celana pendek dan kaus kaki panjang. Rupanya ada alasan tersendiri bocah kecil berambut pirang ini kerap menggunakan celana pendek dalam berbusana.

 

Para ahli etiket kerajaan berspekulasi bahwa hanya anak-anak rakyat kelas menengah yang mengenakan celana panjang. Bahkan, bisa dibilang mengenakan celana pendek merupakan gaya yang sangat Inggris. Sebab celana panjang adalah untuk anak laki-laki yang lebih tua dan dewasa.

“Celana pendek bagi anak laki-laki adalah sebuah penanda kelas di Inggris, celana panjang anak laki-laki dianggap sebagai gaya kaum kelas menengah, atau bahkan orang pinggiran,” ujar ahli etiket William Hanson, seperti dilansir TheSun, Jumat (21/7/2017).

Mengapa Ratu Inggris selalu menggunakan sarung tangan?

Dalam lawatannya di depan publik, Ratu Elizabeth II dari Inggris selalu menggunakan sarung tangan. Ia menggunakan sarung tangan putih atau warna lainnya yang senada dengan tas tangannya.

Rupanya penggunaan sarung tangan bertujuan untuk mencegah penyebaran kuman saat bersalaman dengan banyak orang. Karena itu, Ratu Inggris perlu mengenakan sarung tangan kala berjabat tangan dengan ratusan orang setiap hari.

Mengapa Pangeran William selalu pakai celana chino?

Duke dan Duchess of Cmabridge harus mematuhi aturan berbusana kala berada di luar kerajaaan untuk acara formal hingga informal. Bagi wanita, mengenakan gaun sederhana atau trousers teamed yang dipadu dengan blazer. Sementara, pria mengenakan kemeja berkerah dengan celana chino berbahan katun.

Pangeran William pun sering terlihat bergaya kasual dengan celana chino. Seorang ahli etiket Grant Harrold mengungkapkan, "Banyak tempat yang tidak mengizinkan penggunaan celana jins karena dianggap sangat kasual, jadi lebih baik bermain aman dengan celana chino. Tapi, bila The Duchess sedang bermain di luar bersama anjingnya, misalnya, menggunakan celana jins sah-sah saja."

Mengapa Kate Middleton menggunakan perhiasan kerajaan?

Menikah dengan seorang putra kerajaan, maha mahkota atau tiara tampaknya tak bisa terlepas dari penampilan Kate Middleton. Mahkota secara tradisional dikenakan pada acara formal dan memiliki makna berupa penanda status.

"Dulu aturannya topi tak boleh dikenakan saat berada di dalam ruangan setelah jam 6 sore, lalu wanitanya berganti dengan busana malam dan mengenakan tiara atau mahkota keluarga saat keluar," kata Harold.

 

Ia melanjutkan, bagi wanita yang sudah menikah mahkota atau tiara adalah tanda status dan menunjukkan bahwa dia sudah memiliki suami dan tidak sedang mencari suami. Dengan begitu, para pria juga tak akan mendekati wanita yang menggunakan tiara atau mahkota.

Mengapa Ratu Inggris senang menggunakan busana berwarna cerah?

Bila diperhatikan, Ratu Elizabeth II seringkali berpakaian warna cerah. Mulai dari warna pink, kuning, hijau, dan biru, dari ujung kepala hingga kaki. Ternyata ini bertujuan untuk menarik perhatian dari keramaian sehingga dapat dilihat oleh penggemar dengan mudah.

 

"Jika aku menggunakan warna krem, tak ada orang yang mengenali diriku," kata Ratu Elizabeth II.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini