nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips & Trik Cerdas Simpan Mentimun agar Segarnya Awet Lama, Ingat Jangan Simpan di Freezer

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 22 Juli 2017 19:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 21 298 1741370 tips-trik-cerdas-simpan-mentimun-agar-segarnya-awet-lama-ingat-jangan-simpan-di-freezer-h9xI4BVfXG.jpg Cara Menyimpan Mentimun (Foto:iStock)

KESAL mendapati mentimun sudah lembek dan berlendir padahal baru saja dibeli beberapa hari lalu? Tampaknya ini yang jadi keluhan banyak orang. Padahal jika tahu bagaimana cara benar menyimpannya, tidak akan ada mentimun yang terbuang sia-sia.

Bagi masyarakat Indonesia, mentimun termasuk bahan makanan yang penting, apalagi saat akan membuat acar ataupun sebagai salah satu lalapan. Mana enak jika acar atau lalapan disajikan dengan menggunakan mentimun yang tidak segar.

Baca Juga: Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Makan Mentimun Ampuh Obati Migrain

Kandungan air yang banyak dan tekstur renyah jadi ciri yang menandakan kesegaran mentimun. Tapi sayang, meskipun termasuk jenis sayuran padat, mentimun tidak memilik masa simpan yang panjang. Mentimun cepat layu dan kehilangan tekstur renyah alaminya.

Simak beberapa tips dan trik yang dilansir dari Foxnews berikut, dijamin mentimun segar yang Anda beli akan tetap segar meskipun sudah disimpan selama beberapa hari, Sabtu (22/7/2017).

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Mentimun dan Kuning Telur Efektif Bantu Kencangkan Payudara Kendur

Cuci mentimun hingga bersih

Cara pertama yang harus dilakukan saat membawa mentimun pulang dari pasar adalah mencucinya. Gunakan wadah dan air mengalir untuk membersihkan seluruh permukaan mentimun. Gosok perlahan menggunakan tangan Anda hingga seluruh kotoran bersih. Jika menemukan bagian mentimun yang lembek atau hampir busuk, potong bagian ini dan lanjutkan mencuci.

 

(Food)

Tiriskan mentimun hingga kering

Pastikan mentimun sudah benar-benar kering sebelum mulai disimpan. Air yang masih tersisa di permukaan mentimun akan membuatnya cepat membusuk. Setelah kering, bungkus mentimun dengan tisu dapur hingga rapat. Lakukan langkah ini pada satu per satu mentimun. Hal ini bisa juga diterapkan untuk menyimpan berbagai sayuran segar lainnya.

Masukkan dalam plastik

Setelah semua mentimun tertutup tisu, masukkan semua mentimun dalam kantung plastik. Jangan tutup kantung plastik, biarkan tetap terbuka agar udara bisa bersirkulasi dengan baik. Jika Anda menggunakan plastik dengan flip lock, pastikan tetap membuka bagian atas plastik agar mentimun tetap bisa ‘bernafas’ dengan baik. Letakkan kantung ini dalam laci paling bawah dalam lemari es. Jauhkan dari bahan makanan yang menghasilkan gas berlebih seperti tomat atau apel.

Simpan di suhu rendah, tapi bukan di freezer

Mentimun membutuhkan suhu udara yang sejuk agar tetap segar, tempat paling tepat adalah di lemari es bagian bawah. Jangan menyimpan mentimun di bagian lemari es yang mendapat suhu dingin maksimal, apalagi di dalam freezer. Mmebuat mentimun beku sama saja membuatnya berlendir dan layu dengan cepat. Jika disimpan dalam suhu dingin yang ideal, mentimun bisa bertahan dalam waktu seminggu atau lebih. Jika membutuhkan mentimun, ambil satu persatu dan tetap simpan sisanya.

(Livestrong)

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini