Serupa tapi Tak Sama, Sudah Tahu Belum kalau Dimsum dan Momo Berbeda?

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 21 Juli 2017 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 21 298 1741458 serupa-tapi-tak-sama-sudah-tahu-belum-kalau-dimsum-dan-momo-berbeda-yCd3I5gPoQ.jpg Dimsum (Foto: Timesofindia)

SIAPA sih yang tidak suka menyantap dimsum? Rasanya sebagian besar orang pasti menyenangi camilan yang dibuat dengan proses memasak dikukus ini.

Namun tahukah, bahwasanya ada kudapan bernama momo yang memiliki bentuk tampilan serupa dengan dimsum? Walau sekilas dari sisi tampilan visual, dimsum dan momo ini mempunyai tampilan bentuk yang sama. Akan tetapi, ternyata kedua jenis kudapan ini berbeda loh! Apa saja perbedaan antara dimsum dan momo ini? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Asal 

Walau sekilas mempunyai tampilan yang mirip, dimsum dan momo berasal dari dua tempat yang berbeda. Sebagaimana disitat Timesofindia, Jumat (21/7/2017) dimsum disebutkan sebagai salah satu makanan khas China khususnya area Cantonese . Sedangkan momo diketahui adalah makanan yang aslinya berasal dari Tibet, sebagai pertemuan budaya dari Nepal, Sikkim, Darjeeling dan Bhutan.

Kandungan bahan yang berbeda

Karena berasal dari dua tempat yang berbeda, maka tidak heran kandungan bahan-bahan yang dipakai untuk membuat dimsum dan momo adalah bahan yang berbeda satu sama lain. Dimsum dibuat bisa dengan menggunakan jenis tepung apapun, mulai dari tepung beras, tepung sari jagung, hingga tepung sari kentang. Berbeda dengan momo, yang diketahui spesial dibuat menggunakan maida dan atta, yakni varian tepung gandum dari India.

 Lokasi 

Dimsum dan momo juga memiliki kategori lokasi yang berbeda, di mana dimsum masuk dalam kategori makanan untuk restoran, yang banyak tersaji di restoran-restoran fine-dining. Lain halnya dengan momo yang lebih populer terkenal sebagai street food, atau jajanan di Tibet, Nepal, dan India.

Isian 

Isian yang ada pada dimsum dan momo juga berbeda loh, sejatinya momo adalah dumpling dengan isian yang sangat bervariasi. Mulai dari daging-dagingan, sayur-sayuran, sampai tahu. Namun, berbalik dengan dimsum yang tidak melulu harus memiliki isian. Seperti misal contohnya, tarts, bakpao ayam, ceker ayam, bahkan spring rolls adalah termasuk dalam kategori dimsum.

Cara penyajian

Dimsum dan momo disebutkan lebih lanjut, juga dinikmati dengan cara penyajian yang berbeda satu sama lain. Di mana jika dim sum disajikan sebagai kudapan tradisional sebagai makanan pendamping minum teh. Sedangkan momo, disajikan sebagai camilan lengkap dengan saus cocolan cabai pedas atau chutney yakni sambal dari buah-buahan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini